Articles

Kuliah Di Luar Negeri Akan Meningkatkan Semangat Nasionalisme



Venue : jakarta

Hari/Tanggal : 13/June/2017 - 13/June/2017


Kesempatan belajar di luar negeri bagi (mungkin) sebagian orang adalah suatu peluang untuk melarikan diri dari kehidupan di Indonesia yang padat penduduk, macet, dan berpolusi, but you are a stranger in the foreign land. Tentu saja perasaan kalian akan campur aduk ketika tiba di Negara orang lain, home sick, kangen keluarga, dan hari nyaman tinggal di negeri sendiri dimana mau kemana saja mudah, serta cari makanan itu gampang banget di Indonesia. Tukang bubur, abang ketoprak, tukang siomay, hingga nasi goring tek tek  pasti akan lewat depan rumah mu dan kalian engga akan pernah ngerasain susahnya cari makan di negeri orang. Tapi tunggu dulu karena keputusan untuk belajar ke luar negeri tidak salah, justru disini kalian bisa mengukur seberapa cinta kalian dengan Indonesia dan melatih diri untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Country manager Saleduck Asia, Cecilia Harjadan menceritakan bahwa tidak pernah menyesal mengambil keputusan untuk kuliah dan bekerja di luar negeri. Justru dengan tinggal di luar rasa nasionalisme sebagai orang Indonesia semakin tinggi. Dengan berada jauh dari negara sendiri, kita akan berusaha sebisa mungkin untuk mendekatkan diri dengan hal-hal yang berhubungan dengan Indonesia.

Berikut adalah tips atau cara yang biasanya akan dilakukan oleh pelajar Indonesia yang tinggal di luar negeri:

1. Cari Restoran Atau Makanan Indonesia Is A Must!

Karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, so pastinya orang Indonesia akan tersebar di hampir semua negara di dunia ini. Jadi kalian akan tetap mudah menemukan makanan khas Indonesia. Nah sudah menjadi suatu kewajiban bagi para pelajar Indonesia untuk mencari tahu keberadaan Restoran Indonesia, kalian dapat mengobati rasa kangen akan makanan khas nusantara, seperti soto ayam, bakso, ayam penyet, gado-gado, sate, hingga nasi Padang. Jangan heran kalau pelajar Indonesia akan memesan 2-3 menu dengan pikiran kapan lagi bisa makan makanan Indonesia di negeri orang.

2. Saya Adalah Indonesian ‘Ambassador’

Dengan tinggal di luar negeri sudah pasti koneksi pertemanan menjadi internasional. Kalian akan mempunyai banyak teman dari latar belakang budaya yang berbeda-beda seperti India, Cina, Arab, Rusia, Korea, Jepang, dan lainnya. Tugas menjadi Duta Indonesia pun secara tidak langsung akan kalian jalanin, mulai dari memperkenalkan makanan, pariwisata, tarian tradisional, lagu khas Indonesia, hingga menjelaskan Indonesia bukan hanya terdiri dari Pulau Bali saja melainkan terdiri dari beribu-ribu pulau. Sekedar tips saja buat kalian yang mau cari busana batik modern, kalian bisa cek di toko online Blanja. com dimana banyak batik dress cantik dan baju batik pria yang kece-kece dengan harga terjangkau.

3. Semangat Hari 17 Agustus

Wah ada libur lagi di tanggal 17 Agustus, mau jalan-jalan kemana nih ya? Nah pernyataan seperti ini biasanya akan terlontar dari kalian yang menetap di Indonesia. Akan tetapi berbeda nih dengan para pelajar yang tinggal di luar negeri. “Setiap tanggal 17 Agustus, saya akan pergi ke Kedutaan Besar Indonesia untuk ikut upacara dan dilanjutkan dengan halal bihalal bersama warga Indonesia lainnya di Kedubes. Rasanya sangat terharu ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya di negara orang.

4. Update Berita Terbaru

Para pelajar ini bisa menjadi orang yang paling tahu secara detail akan apa yang terjadi di Indonesia mulai dari masalah politik, isu-isu terhangat, hingga gosip artis terbaru melalui situs berita online, youtube, dan social media. Bahkan mereka dapat menjadi pengamat dan penilai yang baik akan perkembangan Negara Indonesia di tengah persaingan dunia yang sangat kompetitif ini.

5. Kita Semua Adalah Satu Nusa Satu Bangsa

Perbedaan kita adalah suatu keindahan yang harus dijaga bukan diributkan. Disaat kalian berada di negeri orang, di saat itulah tidak ada lagi perbedaan agama, ras, warna kulit antar sesama orang Indonesia. Rasa toleransi akan lebih tinggi dan kalian memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Jangan heran kenapa banyak pemimpin dunia yang memuji kerukunan hidup Bangsa Indonesia dan sudah seharusnya selalu kita pertahankan dan tingkatkan.

 

 

    
  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter