5 Tips Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

5 tips mengembangkan kemampuan berkomunikasi

Sebagai makhluk sosial, pastinya kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan manusia lainnya setiap harinya. Nah, kemampuan berkomunikasi inilah yang harus kita miliki sebagai modal kita untuk bisa membangun networking. Lalu, bagaimana mengembangkan kemampuan berkomunikasi? Berikut tipsnya:

1. Kenali Diri Sendiri

Dengan mengenal diri sendiri, kamu jadi lebih percaya diri dengan apa yang ingin mau kamu sampaikan. Jadilah dirimu sendiri saat berinteraksi dengan orang lain dan tahu apa yang jadi kekurangan atau kelebihan dirimu terhadap suatu hal yang ingin kamu bahas.

2. Tahu Apa yang Ingin Kamu Sampaikan

Pastikan kamu tahu apa yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain. Jangan sampai kamu gak tahu dengan apa yang ingin kamu sampaikan ya, karena sudah pasti komunikasi tidak akan berjalan dengan efektif.

3. Kenali dengan Siapa Kamu Ingin Berbicara

Hal ini untuk membantu kamu dalam memilih bahasa apa yang ingin kamu gunakan, gesture apa yang bisa kamu pergunakan. Selain itu, hargai juga lawan bicaramu dengan memperhatikan matanya, merespon apa yang dikatakan ya.

4. Perbanyak Membaca dan Mendengar

Dengan memperbanyak membaca atau mendengar, bisa nenambah referensimu tentang komunikasi yang baik dan efektif. Kamu juga bisa minta pendapat dari orang-orang di sekitarmu mengenai gaya berbicaramu, sehingga kamu bisa mengevaluasi diri dan memperbaikinya.

5. Berlatih

Setelah menerapkan keempat hal di atas, jangan malas untuk berlatih ya. Gunanya sudah pasti agar kemampuan berkomunikasimu semakin terasah dan semakin baik. Jangan malas juga untuk belajar dari pembicara di sebuah seminar atau talkshow mengenai kemampuan berbicara. Perbanyaklah belajar dari siapapun dan dimanapun ya.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di media sosial Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Youtube: Young On Top 

Leave a Reply

Your email address will not be published.