Articles

Tips Public Speaking yang Harus Kamu Kuasai



Venue : Jakarta

Hari/Tanggal : 07/December/2017 - 07/December/2017


Untuk mendukung sebuah presentasi, tentunya harus diikuti juga dengan kemampuan public speaking yang baik. Setelah waktu itu sempat kita bahas mengenai hal dasar mengenai public speaking dan tips presentasi, kali ini kita akan membahas soal ‘Tips Public Speaking yang Harus Kamu Kuasai’, apa aja ya?

 

1. Buat Pembukaan yang Menarik dan Hal yang Kamu Suka

Nah, biar kamu dikenal jadi salah satu speaker yang baik dan punya ciri khas tersendiri, kamu bisa membuka presentasi dengan hal yang menarik atau hal yang kamu suka. Gunanya, selain untuk menarik perhatian audiens juga biar presentasi kamu gak terlihat datar seperti yang dilakukan orang-orang pada umumnya.

 

2. Kuasai Materi dengan Tidak Menghafal

Poin ini pastinya harus kamu penuhi. Kamu harus menguasai materi tapi dengan tidak menghafal. Kebanyakan orang memilih untuk menghafal materi di dalam sebuah presentasi. Padahal itu salah, harusnya kamu memahami isi materinya biar kamu bisa menguasai materi apa yang mau kamu sampaikan.

 

3. Tahu Audiensmu Siapa

Jangan sampai kamu gak kenal siapa audiensmu. Maksudnya tahu siapa audiensmu, adalah kamu harus kenal segmentasi dari audiensmu. Misalnya umurnya, gender, wilayah geologis, pekerjaan dan sebagainya sehingga bisa menyesuaikan dengan materi yang akan kamu sampaikan dan bagaimana cara membawa presentasinya.

 

4. Perhatikan Kontak Mata, Intonasi dan Gesture Tubuh

Audiens dari presentasi kamu akan merasa sangat dihargai dan dihormati ketika kamu mampu menatap mata mereka, istilahnya biar ada feedback-nya gitu. Lalu, kamu juga harus perhatiin intonasi bicara kamu ya. Jangan datar terus, kasih penekanan intonasi di beberapa poin materi biar audiensmu tertarik dan mau memperhatikan. Jangan lupa juga gesture tubuh harus kamu perhatikan ya, semakin sering kamu menggerakan tangan, semakin terlihat tingkat penguasaan materi dan kepercayaan dirimu.

 

5. Percaya Diri dan Abaikan Audiens ‘Pengganggu’

Jangan minder, jangan pesimis saat kamu mau presentasi. Selama kamu menguasai materinya, tidak ada hal yang harus kamu khawatirkan kok. Percaya diri aja dan abaikan audiens pengganggu. Di dalam sebuah presentasi, pasti kamu nemu aja kan ada orang yang gak tertarik dengan presentasinya, terus dia main HP, ngobrol atau bahkan pergi. Kamu jangan pedulikan hal itu ya, lanjutkan presentasimu dengan baik.

 

6. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Biar audiensmu merasa dihargai, jangan lupa ucapkan terima kasih saat presentasimu sudah selesai. Berterima kasih atas waktu yang mereka luangkan untuk mendengarkan presentasi kita dan berterima kasih juga atas atensi yang diberikan saat kita presentasi.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

    
  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter