YOT Updates

YOTBali - Bedah Buku Bersama YOTers Bali



Venue : Jakarta

Hari/Tanggal : 08/December/2015 - 08/December/2015


Hello YOTers! Sudah baca buku Young on Top New Edition 35 Kunci Sukses di Usia Mudanya Billy Boen belum?  Nah kemarin kita mengadakan pertemuan untuk membahas poin-poin yang ada di dalam buku tersebut. Buku ini memberikan inspirasi  bagi anak muda. Terutama, bagaimana bersikap dan mengambil langkah untuk pengembangan diri dan berinteraksi. Membaca Young on Top memberikan kita gambaran bahwa kaum muda bisa berperan strategis dalam pembangunan bangsa dan negara dan Billy Boen berhasil merangkumkan semuanya ke dalam halaman-halaman yang witty dan bermakna.

Berikut gambaran ringkas mengenai 15 poin yang sudah kami bedah nih..

1.Do What You Love, Love What You Do

Kesuksesan berasal dari kesadaran diri sendiri. Setiap manusia diberikan pilihan. Ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu cintai, maka kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan hal tersebut. Sehingga ketika kamu menghadapi kegagalan, dapat dipastikan bahwa kamu akan bangkit kembali. Tetapi jika kamu saat ini sedang tidak mengerjakan sesuatu hal yang tidak kamu sukai maka cobalah untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki dan mencoba untuk mencintainya, mendalaminya  dan memahami pekerjaanmu lebih baik lagi.

2.Be Grateful

Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki saat ini!. Kalau kamu ngga sadar bahwa bersyukur itu penting, belum mau, dan belum mampu bersyukur akan hal-hal “kecil” yang kamu miliki sekarang ini, dan baru berencana akan bersyukur kalau kamu sudah sukses, maka hidupmu tidak akan pernah bahagia. Jadi bersyukurlah saat ini karena kamu masih bisa bekerja, menempuh pendidikan, makan makanan yang cukup, atau bahkan masih hidup! Dan hidupku akan terasa lebih ringan dan bahagia.

3.Healthy Life

Terkadang seseorang terlalu berfokus pada pekerjaannya demi kesuksesan yang ingin dia raih.

Nah yang sering kita lupakan adalah soal kesehatan. Apalagi, kamu yang masih muda pasti berpikir, Ah, saya sehat, kok. Ngga perlu olahraga, tidur malam, bangun pagipun masih bisa. Jarang sakit, dan lain sebagainya. Tetapi kalu kamu terus-terusan ngga menjaga gaya hidup, pola makan, pola tidur maka lama- kelamaan daya tahan tubuhmu juga pasti akan menurun. Mengejar kesuksesan dala karier itu penting. Tetapi percaya deh, hidup sehat itu lebih penting. Kamu  ngga akan enjoy hidup ini kalau kamu ngga sehat.

4. Integrity

Di lingkungan kerja, banyak ditemui orang-orang bermuka dua, mereka adalah orang-orang yang mengatakan satu hal kepada seseorang, lalu mengatakan hal yang bertolak belakang dengan hal yang dikatakan itu kepada orang lain. Untuk sukses di pekerjaan, dalam melakukan segala tindakan untuk mencapai keinginan tersebut, kamu harus memiliki integritas. Pastikan bahwa hal yang kamu lakukan akan selalu sejalan dengan hal yang kamu katakan dan kamu yakini benar.

5.Dream & Think BIG

Kamu ngga akan kemana-mana kalau kamu ngga tahu mau kemana. Cobalah untuk memiliki impian yang besar. Ketika kita sudah memiliki impian dan keingiinan untuk mencapai impian tersebut, tanpa disadari, hal yang kita lakukan akan selalu mengarah pada pencapaian impian tersebut. Berpikir kecil ketika kamu dapat berpikir besar akan membatasi dirimu di berbagai aspek kehidupan. Orang mampu membuat sesuatu yang besar, tetapi hal itu tidak akan tercapai jika mereka tidak berpikir bahwa mereka mampu melakukan hal-hal besar tersebut.

6.Confidence

Kepercayaan diri bisa dibentuk, bahkan ditingkatkan. Hal penting dan kali pertama harus dilakukan adalah harus mengenal diri kamu yang sebenarnya. Tanpa mengetahui dirimu, mengukur diri kamu secara objektif, mengetahui kelebihan dan kekuranganmu, kamu ngga akan bisa memperbaiki dan meningkatkan percaya diri.

7.On Time

Tepat waktu sangatlah penting, baik di dunia kerja maupun dunia bisnis. Tidak hanya itu, tepat waktu juga berperan penting di segala aspek kehidupan karena, tanpa disadari, tepat waktu adalah salah satu bentuk hormat kita terhadap diri sendiri dan orang lain.

8.Open Minded

Kadang pasti kamu pernah merencanakan A, tetapi hasilnya adalah B. Hal yang tidak absolut “susah” untuk diprediksi dan diketahui secara pasti oleh manusia. Begitu juga dengan ide. Tidak ada ide yang absolute. Saat kita berbicara tentang sebuah ide atau pandangan, kita harus sadar bahwa ide itu dapat dilihat dari berbagai sisi, bergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Open minded sama dengan membuka diri untuk menerima masukan. Untuk itu cobalah untuk lebih respect terhadap orang yang memberikan ide sehingga kamu mampu memperbaiki kekurangan ide tersebut atau bahkan menggali hal baru yang tidak disengaja, tetapi berguna.

9.Respect

Hormatilah orang lain. Jika kamu menghormai orang lain, kesempatan kamu dihormati oleh orang lain akan menjadi lebih besar. Jika kamu tidak menghormati orang lain, tentunya mereka tidak akan menghormati kamu juga. Cobalah untuk mulai berusaha menghormati orang lain dengan hal-hal sepele. Seperti misalnya menghargai pendapat orang lain. Kalau kamu bisa menghargai pendapat orang lain, pikiran kamu akan semakin terbuka dan dewasa.

10.Never Give Up

Tidak ada jalan menuju kesuksesan yang tidak memiliki rintangan ataupun halangan. Sepanjang proses menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan, kamu pasti akan melewati berbagai macam rintangan. Rintangan-rintangan itu sering kali akan memperlambat jalan kamu. Atau, bahkan mungkin membuat kamu merasa “down”. Namum, hal itu akan menjadi tidak ada artinya jika kamu memiliki hasrat pantang menyerah dalam dirimu untuk menjadikan impian tersebut menjadi kenyataan. Tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kalau kamu terus-menerus berusaha. So, maju terus dan buktikan bahwa kamu bisa!

Top of Form

Bottom of Form

11. Just Perform

Just Perform = Lakukanlah semaksimal mungkin, keluarkan seluruh kemampuanmu. Apapun, dimanapun, bagaimanapun, lakukan saja apa yang seharusnya kamu lakukan. Keluarkan semua kemampuan yang kamu miliki untuk melakukan hal-hal yang kamu suka dan yang harus kamu lakukan. Jangan memikirkan hasil yang akan didapatkan. Pikirkan apa yang bisa kamu lakukan dalam berproses. Jika hasilnya tidak sesuai yang kamu harapkan, lakukan lagi dan lagi sampai kamu mencapai apa yang kamu inginkan. Just perform sangat berhubungan erat dengan never give up, dimana kita harus perform/menunjukkan kemampuan kita berulang kali, untuk mencapai kesuksesan

   12. Be Calm, Be Smart

Anak muda cenderung punya sifat yang attractive dan expressive, sehingga kadang mereka terlalu bersemangat dan tergesa-gesa sehingga akhirnya tidak berpikir dalam melakukan tindakan mereka. Sifat atraktive dn ekspresive sangat baik, karena kita muda, kita harus melakukan banyak hal. Tetapi kita juga harus mampu mengontrol apa yang akan kita lakukan. Kita perlu memikirkan dengan jernih tindakan yang akan dilakukan sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. BE CALM BE SMART. Jika kita dihadapkan dengan hal-hal yang memicu emosional sebaiknya kita redam beberapa jam atau semalaman untuk dapat menjernihkan pikiran. If you don’t want to regret, think first what you want to do. Don’t response anything without thinking. Calm Down

 

13. Speed & Automatic Progress Update Report

Your Speed is the one thing that will determine your position, in the front, or in the back. Jadi kecepatan kamu terhadap satu hal akan menentukan posisimu, apakah kamu di depan atau di belakang. Lupakan konsep Slow But Sure, berpikirlah, kalo bisa Cepat Dan Pasti, kenapa harus lambat? Fastly and Sure, but don’t break the limit. Lakukan secepat yang kamu bisa, tapi jangan asal- asalan, dan pastikan yang kamu lakukan adalah sesuatu yang sudah tentu benar.

14. Detail Oriented

“Berorientasi terhadap detail tidak berarti hanya peduli terhadap semua hal kecil. Kamu harus spesifik dan bertanggung jawab terhadap suatu hasil. Kecuali kamu benar-benar mendetail, hasilnya tidak akan seperti yang kamu inginkan” maksudnya adalah, kita harus memperhatikan hal-

hal detail terhadap suatu konsep atau hasil yang kita inginkan. Misalnya kita ingin hotel kita banyak

pengunjungnya, jadi kita harus tau tiap detail dari sudut hotel kita akan di design seperti apa agar dapat menarik pengunjung. Selain itu, bila kita telah menemukan hal detailnya , kita juga harus memperhatikan akibat yang ditimbulkan apa, sehingga kita bisa mengambil keputusan dari hal-hal

detail yang kita tahu. Semakin banyak hal detail yang kita ketahui, semakin sedikit resiko yang kita

dapatkan

15. The Big Picture

      Adalah melihat suatu hal secara keseluruhan. Misalnya kita ingin mengecat rumah. Dan ketika di toko cat, kita bingung seberapa luas rumah kita, dan seberapa banyak cat yang kita perlukan. Jadi untuk dapat mengatasi hal itu, kita bisa melihat The Big Picture atau gambaran umum, dari rumah kita, sehingga kita bisa memperkirakan berapa cat yang kita habiskan. Jika kita menghadapi masalah, kita harus melihatnya dari jauh, dari sudut pandang yang luas, sehinga masalah yang kita hadapi tidak menimbulkan masalah baru dan merugikan orang lain. Seperti saat melihat benda, jika kita melihatnya dari sudut pandang yang lebih jauh, maka benda itu akan terlihat lebih jelas, namun ketika kita melihat benda itu semakin dekat dengan mata kita, maka akan semakin buram. The Big Picture sangat penting ketika kita akan menentukan konsep, sedangkan oriented detail itu kita perlukan saat kita menjalankan konsep dan menentukan hasil yang ingin kita capai.

    
  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter