10 Foods for Eye Health

10 Foods For Eye Health

 

            Hai YOTers, YOTers pastinya sudah tahu bahwa makan makanan yang benar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, apakah YOTers tahu bahwa makan makanan tertentu dapat membantu menjaga kesehatan mata-dan melindungi visi YOTers?

Sebelum masuk ke makanan yang baik untuk kesehatan mata, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada tiga kelompok zat gizi yang terdapat dalam makanan yang sangat penting bagi kesehatan mata. Ketiga zat gizi tersebut adalah antioksidan, lutein dan zeaxanthin, dan asam lemak omega-3.

1.      Antioksidan

Antioksidan adalah zat gizi, termasuk vitamin C dan E dan beta-karoten, yang menjaga seluruh tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah atom yang sangat reaktif yang beredar dalam tubuh dan dapat merusak sel-sel sehat. Dapat diperolah secara alami oleh produk dari pencernaan – lainnya diciptakan oleh sinar ultraviolet (UV) dan racun lingkungan. Dengan mencari dan menetralisir radikal bebas, antioksidan bekerja seperti pengawal dengan melindungi sel-sel sehat tubuh, termasuk mata.

2.      Lutein dan zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin adalah dua pigmen karotenoid alami yang memberikan warna hijau pada sayuran. Ketika kita makan makanan tersebut, makanan tersebut melakukan dua pekerjaan penting untuk menjaga kesehatan mata. Pertama, mereka bertindak seperti antioksidan, melindungi sel-sel sehat dari kerusakan radikal bebas. Kedua, pigmen ini benar-benar tumbuh di retina, bertindak seperti kacamata hitam internal yang melindungi mata dari radiasi UV dan kerusakan lainnya yang dapat mempengaruhi aktivitas kita dari waktu ke waktu.

3.      Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang ditemukan pada ikan, biji rami, kenari, kedelai - atau "sumber tanaman". Dua khususnya – yang dikenal sebagai DHA dan EPA – dapat membantu melindungi mata. Para peneliti percaya bahwa DHA dan EPA bekerja dengan memperlakukan sel yang rusak dan membantu fungsi retina normal. Mereka juga berpikir bahwa DHA dan EPA dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah kerusakan (rapuh), pembuluh darah bocor pada mata, dan perwatan yang berhubungan dengan AMD (Age-Related Macular Degeneration).

 

YOTers udah penasaran kan makanan-makanan apa saja yang mengandung ketiga jenis zat gizi tersebut yang baik untuk mata sahat? Berikut ini adalah “10 Foods for Eye Health”:

1.      Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan (buah) yang paling padat dengan gizi yang ada, sehingga tidak heran alpukat baik untuk mata. Alpukat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein penting dalam pencegahan degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga mengandung sumber zat gizi mata penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

2.      Wortel

Seperti yang diketahui bahwa wortel merupakan makanan yang baik untuk mata karena banyak mengandung vitamin A.

3.      Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

4.      Telur

Telur merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, vitamin B12, vitamin D dan cysteine.

5.      Bayam

Salah satu sayur yang baik untuk mata karena mengandung vitamin A, lutein dan zeaxathin.

6.      Kol

Seperti bayam, kol merupakan sayuran yang mengandung sumber vitamin A, lutein dan zeaxanthin.

7.      Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene yang merupakan dua zat gizi penting untuk mata.

8.      Biji bunga matahari (kuaci)

Biji bunga matahari mengandung selenium, yaitu zat gizi yang bisa mencegah katarak dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

9.      Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium dan zat gizi mata lainnya seperti vitamin C dan quercetin.

10.  Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, yaitu zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Ikan salmon juga mengandung asam folat, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A.

 

            Nah, sudah pada tahu kan 10 makanan yang baik untuk kesehatan mata. Tentunya tidak hanya biak untuk kesehatan mata, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain olahraga yang teratur, ayo kita mulai hidup sehat dengan makan makanan yang baik, benar, dan sehat.

 

 

Qonitah Azzahra

Young on Top Campus Ambassador

Gizi-Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on December 08, 2015 read:71

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter