4 Important Lessons to Win a Sponsorship

Hai YOTers!

Apa kabar hari ini? Semoga kalian yang membaca artikel ini selalu dianugrahi dengan kebahagiaan ya.

Kali ini, saya akan membagikan 4 pelajaran penting untuk mencari sponsor. Artikel ini saya dedikasikan untuk kalian para mahasiswa yang aktif dalam kegiatan sponsorship. Terutama juga buat kalian yang masih awam dan ingin mencari-cari info. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Happy reading.

Lesson 1.

Ketika menentukan target dalam mencari sponsorship, kamu harus memastikan bahwa tujuan/konsep acara kamu itu cocok dengan kepentingan sponsor. Saat menerima pengajuan sponsorship, hal yang diperhatikan sponsor adalah konsep acara kamu dan benefits yang kamu tawarkan untuk sponsor. So, make it balances. Sebelum mengajukan proposal, kamu juga harus melakukan small reseach terhadap bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) sponsor target kamu. Misalnya, kamu mau ngadain lomba tari tradisional, kamu lebih baik mengajukan proposal ke perusahaan yang memang peduli terhadap kebudayaan, karena kalau tidak, kecil kemungkinan mereka akan membantu kamu.

Lesson 2.

Make sure proposal yang kamu ajukan itu singkat, padat, jelas, dan menarik. Ubah kebiasaan kamu membuat proposal yang tebal. Selain buang-buang kertas, itu juga buang-buang waktu saat membuatnya. Intinya, kamu harus jelasin detail acara dan apa yang akan sponsor terima ketika membantu acara kamu. That’s it! Perhatikan juga ukuran file proposal ketika mengajukannya lewat email karena ada banyak perusahaan yang membatasi besar file yang diterima. Jadi, ketika file kamu lebih dari 1 MB maka proposal kamu akan masuk dalam spam email mereka. Rugi dong ya capek-capek buat proposal trus masuk spam.

Sertakan pula hasil dokumentasi kegiatan-kegiatan sebelumnya (bila acara ini sudah pernah diadakan). Tips: pilih foto yang menunjukan keramaian dan foto yang menunjukan bahwa acara sebelumnya itu nampak sukses.

Jangan memasukan detail budgeting ke dalam proposal. Hanya cantumkan paket sponsorship yang kamu buat (yang kayak gold, silver, platinum itu lho). Dalam menentukan paket sponsorship juga ada triknya teman-teman. Membuat paket sponsorship itu harus sesuai dengan value yang kita berikan di kontraprestasi sponsorship. Misalnya nih, paket gold: sponsor akan diliput oleh siaran televise A, B, C, dan D serta diizinkan untuk membuka stand di tempat acara. Kamu kalkulasikanlah, berapa budget yang akan dikeluarkan sponsor jika dia mengurus sendiri untuk dapat diliput oleh televisi A, B, C, dan D serta budget yang dia perlukan untuk menyewa lapak untuk sekedar promosi. So, jangan ngasal ya guys!

Lesson 3.

Presentasi yang meyakinkan. Siapkan wawasan mengenai detail acara kamu dan sponsor. Cari informasi ter-update dari sponsor yang dapat kamu manfaatkan untuk menarik hati mereka. Misal lagi nih. Perusahaan air minum A sedang launching produk terbarunya. Pas banget nih, kamu lagi butuh in kind sponsor untuk support kebutuhan air minum dalam acara kamu. Ini bisa kamu jadikan kesempatan emas.  Kamu bisa tawarkan mereka untuk memberikan kamu air minum dan mereka dapat benefit pengenalan produk, misalnya.

Lesson 4.

Pada lesson terakhir ini, saya menyebutkan hal-hal yang kesannya kecil, namun lumayan berpengaruh. Firstly, ketika kamu sudah mengirim proposal dan/atau presentasi, kamu harus tetap follow up. Jangan menunggu untuk dikabarin, tapi jangan juga terlalu mengganggu. Ketika mereka janji akan memberikan konfirmasi pada tanggal tertentu, ya kamu tunggu aja dulu. Ketika lewat dari tanggal yang dijanjikan, dan mereka belum memberi info, baru kamu terus follow up.

Jangan lupa juga dengan On Time. Berikan kesan yang positif dengan datang maksimal 15 menit lebih awal dari janji yang kalian buat. Jangan buat mereka menunggu ya, karena menunggu itu membosankan, apalagi menunggu jodoh. #selingan

Kemudian, never give up! Dalam pengajuan proposal sponsorship, penolakan adalah hal yang biasa. Just keep trying! Kamu dapat mencoba perusahaan lain dengan mengevaluasi kekurangan kamu dalam pengajuan sponsorship sebelumnya. Kira-kira apa sih yang membuat kamu belum bisa mendapatkan sponsor di perusahaan sebelumnya? Just improve then!

 

Gimana? Bermanfaat kan? Pasti dong ya! Good luck deh buat kamu yang sedang mencari sponsor dan membaca artikel saya.

See you On Top!

  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on August 30, 2015 read:266

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter