4 Manfaat Menulis yang Saya Rasakan

Halo YOTers, setelah di tulisan sebelumnya saya bercerita tentang pengalaman menulis saya selama setahun terakhir, terutama saat saya magang 3 bulan terakhir ini, kali ini saya mau share 4 manfaat menulis yang sudah saya rasakan. Ini diantaranya :

1. Melatih Pola Pikir dan Kreativitas

Saat menulis, saya memikirkan apa yang akan saya tulis. Apakah akan dimengerti oleh pembaca, atau tujuannya tersampaikan? Kalimatnya bagus kah? Alurnya sesuai kah? Banyak hal lainnya yang terpikirkan. Makanya saya selalu membaca ulang setiap konten yang saya tulis, agar bisa mendapatkan perspektif pembaca dalam membacanya. Selain itu, kreativitas saya juga dilatih, bagaimana saya bisa membuat konten yang menarik, entah dari judul atau gambar-gambar yang saya masukkan.

2. Menambah Wawasan & Menghasilkan Ide Baru

Untuk membuat konten yang bagus, saya tentu harus punya “isi kepala” yang bagus pula untuk dibagikan kepada orang banyak. Maka saya mengisinya dengan banyak membaca, browsing, untuk mendapatkan hal-hal baru untuk saya bagikan. Saya bisa belajar dari berbagai sumber untuk kemudian saya jadikan satu konten yang sebaik mungkin. Hal-hal tidak terduga seperti jenis biji kopi, cerita seorang pianis muda, dan berbagai hal lainnya saya dapatkan sebagai tambahan wawasan. Dengan wawasan itulah, biasanya isi otak kita akan bergejolak dan saling terkoneksi untuk melahirkan ide-ide baru. Seru!

3. Merasakan Nikmatnya Berbagi

Berbagi itu indah. Saya sangat sering merasakannya. Bersedekah, membuat acara bakti sosial, atau sekedar menyapa pengamen atau penyapu jalanan dengan senyum serta memberikan minuman misalnya, hati terasa sejuk. Nah! Menulis ini salah satu sarana kita untuk berbagi. Menulis konten yang baik dan bermanfaat akan membuat orang banyak membacanya, dan saat saya melihat beberapa artikel sangat banyak yang membaca, jadi kesenangan tersendiri karena bisa bermanfaat untuk orang lain. Makanya, tulisan YOTers di sini jangan lupa dibagikan di sosmed ya! Hehe.

4. Mengetik Jadi Lebih Cepat

Ini khusus yang di komputer aja sih. Tapi jari jadi terlatih. Yaa, lumayan lah untuk dunia kerja nanti hehe.

---

Itulah dia 4 manfaat yang paling saya rasakan dari menulis. Pastinya ada manfaat lain yang mungkin YOTers rasakan. Share lah yuk di sini, trus mention saya juga boleh, kita saling berbagi hehe.

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on August 21, 2015 read:104

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter