Active is Good, but Greedy is Not

Hai YOters!
 
Masih semangat kah hari ini? Harus dong ya! Seberat apapun aktivitasnya, kita harus tetap semangat menjalaninya.
 
Terkait dengan aktivitas yang berat, kali ini saya mau membahas tentang keaktifan kita sebagai seorang mahasiswa. Eaaa. Sebagai seorang mahasiswa yang baik, tentunya kita diharapkan tidak hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu kan. Kupu-kupu = kuliah – pulang – kuliah – pulang. Di sela-sela jadwal kuliah, kita harus bisa menyelipkan beberapa kegiatan non akademik untuk menunjang performance kita di dunia kerja nanti. Salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi/klub. Kenapa sih harus ikut organisasi/klub segala? Ya jelas, karena ketika mencari/membuat lapangan pekerjaan nanti, kemampuan akademis saja tidak cukup. Kita perlu yang namanya sotf skills, di mana soft skills itu bisa kita dapatkan dengan berorganisasi. Buat temen-temen yang masih belajar sama buku aja, ayo cepet gabung ke organisasi/klub yang bisa merangkul minat/bakat kamu ya. 
 
Sekarang saya mau colek temen-temen yang aktif dalam berbagai kegiatan non akademik. Menjadi aktif dengan ikut berbagai organisasi/klub/kepanitian itu memang bagus untuk mengasah soft skills kita. Namun kita harus tetap mengingat kewajiban utama kita sebagai seorang mahasiswa, yaitu belajar. Jangan sampai nilai akademik kita anjlok gara-gara kita hanya terfokus pada non akademik saja. Sebisa mungkin kita harus mem-balance-kan itu ya kawan. Setidaknya IPK masih 3,00 ke atas lah ya. Soalnya itu syarat minimal untuk bisa gabung menjadi YOT CA. Hehe. 
 
Melalui tulisan ini, saya juga mau mengingatkan diri sendiri dan teman-teman untuk tidak greedy. Maksud saya di sini adalah mengambil terlalu banyak tanggung jawab yang melebihi kapasitas kita. Mengambil terlalu banyak tanggung jawab tidak hanya berdampak pada performa akademik, tetapi juga berimbas pada performa non akademik kita. How? Ketika kita mengambil banyak tanggung jawab melebihi kapasitas kita, ujung-ujungnya kita akan kewalahan sendiri. Kita akan kesulitan membagi waktu. Akibatnya tugas dan tanggung jawab pun akan terbengkalai. Hal ini pun akan berdampak pada turunnya grafik performa kita. Orang yang awalnya percaya pada kemampuan kita akan pelan-pelan kehilangan kepercayaannya.  Jadi sebelum memutuskan untuk mengambil tanggung jawab lebih, kita harus pastikan kita bisa handle itu dan minimal perform well di sana.
 
Semoga bermanfaat YOTers. See you On Top!
  




By : Ni Putu Ayu Frida Ningsih

Posted on September 09, 2015 read:76

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter