Aktif vs Produktif

Dear all YOTers,

Dalam notes ini gue pengen bahas tentang aktif vs produktif.  Topik ini sebenarnya sudah diulas di buku salah satu mentor YOTCA, Kak Bunga Mega, dalam bukunya yang berjudul CeweQuat. Namun, ada beberapa hal dimana pandangan gue berbeda.

Kita mulai dengan kata Aktif. Aktif digambarkan sebagai orang yang masih mencari jati diri. Dia mengikuti berbagai kegiatan dan belum tahu arah tujuan hidupnya.

Sedangkan orang Produktif, dia telah mengetahui jatidiri dan ke mana tujuan hidupnya. Sehingga, dia fokus pada kegiatan yang hanya berkaitan dengan tujuannya. Dia fokus pada efektifitas dan efisiensi.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Produktif lebih baik daripada Aktif. Tapi menurut gue pribadi, kombinasi antara produktif dan aktif adalah suatu yang lebih baik lagi.

Orang yang aktif memiliki semangat yang sangat tinggi dan tidak ada rasa takut untuk mencoba dan gagal. Orang yang produktif dapat mengontrol diri agar tetap pada jalannya menuju kesuksesan.

Kombinasi antara aktif dan produktif akan membuat kita semangat menjalani berbagai aktifitas dengan perasaan tantangan yang selalu memperbarui diri kita. Ingatlah, tantangan dan kompetisi terkadang kita butuhkan sebagai stimulus kita untuk mencapai sesuatu dan menjadi lebih baik. Sedang produktif dapat mengontrol diri kita agar apa yang kita lakukan tidak terlampau jauh dengan minat dan kompetensi kita untuk mencapai tujuan.

Mencoba hal baru terkadang kita butuhkan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan level diri. Dengan bantuan sikap produktif, kita dapat memilah hal baru yang lumayan berkaitan dengan tujuan kita dan mana yang jauh dari minat dan tujuan kita sehingga kita tetap dapat ilmu baru tapi tetap pada jalan yang benar menuju sukses.

So, let's be active and productive YOTers

 

by :
Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Young On Top Campus Ambassador batch 5
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on November 22, 2014 read:108

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter