Apa itu Kanker?

Apa itu Kanker?

            Halo Yoters. Kali ini saya akan membahas tentang kanker sebelum membahas tentang leukimia. Tubuh terdiri dari triliunan sel-sel hidup. Sel-sel tubuh normal tumbuh, membagi untuk membuat sel-sel baru, dan mati secara teratur. Selama tahun pertama kehidupan seseorang, sel-sel normal membelah lebih cepat untuk memungkinkan orang untuk tumbuh. Setelah orang itu menjadi dewasa, kebanyakan sel membelah hanya untuk menggantikan sel usang atau sel mati atau untuk memperbaiki cedera.

Kanker dimulai ketika sel-sel di bagian tubuh mulai tumbuh diluar kendali. Ada berbagai jenis kanker, namun semuanya disebabkan oleh karena dari pertumbuhan kontrol sel yang abnormal.

Pertumbuhan sel kanker berbeda dari pertumbuhan sel yang normal. Bukannya langsung meninggal, sel kanker terus tumbuh dan membentuk sel baru, sel-sel abnormal. Sel-sel kanker juga dapat menyerang (tumbuh menjadi) jaringan lain, sesuatu yang sel normal tidak bisa lakukan. Sel - sel kanker tumbuh di luar kendali dan menyerang jaringan lain.

Sel menjadi sel-sel kanker karena kerusakan DNA. DNA dalam setiap sel dan mengarahkan semua tindakannya. Dalam sel normal, ketika DNA mengalami kerusakan sel, baik perbaikan kerusakan atau sel mengalami kematian. Dalam sel-sel kanker, DNA yang rusak tidak diperbaiki, tetapi sel tidak mengalami kematian sebagaimana seharusnya. Sebaliknya, sel ini terus berlangsung membuat sel-sel baru yang tubuh tidak butuhkan. Sel-sel baru tersebut semuanya akan memiliki DNA yang rusak yang sama seperti sel pertama.

Seseorang bisa mewarisi DNA yang rusak, tapi kerusakan DNA yang paling disebabkan oleh kesalahan yang terjadi saat sel normal mereproduksi atau dengan sesuatu di lingkungan kita. Terkadang penyebab kerusakan DNA adalah sesuatu yang jelas, seperti merokok. Tetapi sering tidak ada penyebab yang jelas ditemukan.

Dalam kebanyakan kasus sel-sel kanker membentuk tumor. Beberapa kanker, seperti leukemia, jarang membentuk tumor. Sebaliknya, sel-sel kanker ini melibatkan darah dan organ pembentuk darah, dan beredar melalui jaringan lain dimana mereka tumbuh.

Sel-sel kanker sering bepergian ke bagian lain dari tubuh, dimana mereka mulai tumbuh dan membentuk tumor baru yang menggantikan jaringan normal. Proses ini disebut metastasis. Hal ini terjadi ketika sel-sel kanker masuk ke aliran darah atau pembuluh getah bening dari tubuh kita.

Tidak peduli dimanapun kanker dapat menyebar, selalu ada tempat dimana ia bisa memulainya. Misalnya, kanker payudara yang telah menyebar ke hati masih disebut kanker payudara, bukan kanker hati. Demikian juga, kanker prostat yang telah menyebar ke tulang adalah kanker prostat metastatik, bukan kanker tulang.

Berbagai jenis kanker dapat berperilaku sangat berbeda. Sebagai contoh, kanker paru-paru dan kanker payudara adalah penyakit yang sangat berbeda. Mereka tumbuh pada tingkat yang berbeda dan menanggapi perlakuan yang berbeda. Itu sebabnya orang dengan kanker membutuhkan pengobatan yang ditujukan untuk jenis tertentu sesuai jenis kankernya.

Tidak semua tumor adalah kanker. Tumor yang bukan kanker disebut tumor jinak. Tumor jinak dapat menyebabkan masalah. Tumor jinak dapat tumbuh sangat besar dan menekan organ dan jaringan yang sehat. Tetapi tumor jinak tidak bisa tumbuh menjadi (menyerang) jaringan lain. Karena tumor jinak tidak bisa menyerang, oleh sebab itu tumor jinak juga tidak dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh (bermetastasis). Tumor ini hampir tidak pernah mengancam nyawa.

Demikian sekilas penjelasan mengenai apa itu kanker. Adapun penjelasan ini berdasarkan Jurnal American Cancer Society. Semoga bermanfaat teman-teman!

 

 

Qonitah Azzahra

Gizi – Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on November 21, 2015 read:367

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter