Be the Best Friend of Yours

Halo, YOTers!

Masih di awal tahun 2015, kali ini saya ingin berbagi tentang pelajaran yang saya dapat saat menjadi pembicara di YOT Goes to High School, yang bertempat di SMK Al-Muhadjirin, Bekasi. Waktu itu, beberapa pertanyaan yang diajukan menurut saya memiliki jawaban utama yang sama, yaitu “Be the Best Friend of Yours”.

Ya, jawabannya saya jadikan judul dari tulisan ini.

Best Friends

YOTers, manusia sebagai makhluk sosial tak pernah bisa lepas dari keberadaan orang di sekitar kita. Selain keluarga, biasanya setiap orang punya yang namanya sahabat. Seseorang yang kita anggap sahabat biasanya memiliki ciri utama yang sering dipelesetin dari sebuah iklan : “setia setiap saat”

Maksudnya, seorang sahabat pasti akan selalu ada bersama kita saat kita senang maupun susah. Ketika kita senang, sahabat akan ada bersama kita untuk berbagi keceriaan dan waktu bahagia bersama. Ketika kita sedih, sahabat akan ada untuk kita, siap membantu kita menyelesaikan masalah, memberi saran secara tidak langsung, menenangkan dan menetralkan pikiran, maupun sekedar mendengarkan cerita kita.

YOTers pasti punya sahabat, dan siap pula melakukan hal sebaliknya, bukan? :)

YOU are Your Best Friend

Nah, kalau suatu saat kita sedang punya masalah, tidak semangat, jenuh, atau apapun yang membuat kita down, biasanya kita selalu bergantung pada sahabat atau orang-orang terdekat kita. Namun apakah kita sadar, kalau sebenarnya kita sendiri pun bisa membantu diri sendiri untuk menyelesaikan masalah kita?

Satu hal yang tidak disadari banyak orang adalah untuk sebuah masalah, kalau yang menghadapinya orang lain, kita pasti bisa mendengarkan, menenangkan, bahkan menemukan solusi. Tapi kalau diri kita sendiri yang mengalami masalah yang sama, kita seakan tidak tau harus berbuat apa.

Tidak percaya? Kalau sahabat YOTers sedih karena nilainya turun, pasti kamu bisa jadi orang yang membuat dia semangat lagi, bukan? Nah, berarti kalau nilaimu yang turun, sebenarnya kamu sendiri tau caranya untuk membuat diri sendiri semangat lagi. Terlebih, kamu mengenal dirimu lebih dari siapapun, dan kamu lah yang punya control penuh terhadap apa yang kamu lakukan. Jadi sebenarnya, kamu lah yang paling bisa jadi orang yang menangani masalahmu sendiri.

Ya, kita adalah sahabat terbaik bagi diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat, YOTers!
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on January 24, 2015 read:123

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter