Belajar dari founder Astra International

Kehidupan, Semangat, dan Kearifan

Menjadi seorang pengusaha adalah sebuah cerita bagaimana diri kita dapat bermanfaat sebesar-besarnya untuk orang lain. Semangat iniliah yang dimiliki oleh Oom William Soeryadjaya ketika membangun PT Astra International, sapaan Oom merupakan sapaan akrab pada masa kolonial dahulu. Value adalah suatu hal yang akan membantumu untuk berusaha lebih keras dari yang kamu mampu.

Sebuah buku karya Teguh Sriambudi dan Harmanto Edy Djatmiko berjudul Man of Honor menyampaikan kisah hidup Oom William yang merupakan representasi dari nilai kehidupan, semangat, integritas, peduli, nasionalisme, dan kearifan. PT Astra International yang ada sekarang tidak dibangun dalam satu malam, perjalanan panjangnya dimulai dari sebuah bisnis kasur lipat yang dijalankan Oom William bersama istrinya. Oom William mendirikan usaha ekspor-impor bernama PT Sanggabuana, namun angin belum berpihak. Oom William merasakan pahitnya berbisnis, ditiou oleh rekan bisnis bahkan sampai harus mendekam di penjara. Di balik bui inilah, Oom William menemukan pengertiannya akan Tuhan, Oom William percaya bahwa segala sesuatu Tuhanlah yang memiliki rancangannya, tugas kita sebagai manusia adalah berusaha dan terus berusaha.

Banyak  hal yang dapat dipetik melalui buku ini, bagaimana jiwa dan semangat wirausaha yang ditunjukan oleh Oom William membuatnya terus berusaha dan mencoba berbagai peluang bisnis, dan ketika adiknya yang menuntut ilmu di Belanda pulang untuk membantu beliau, barulah perusahaan Astra berdiri. Ada kisah menarik dibalik berdirinya perusahaan ini, pada awal beroperasinya perusahaan karyawan yang dimiliki hanya empat orang termasuk Oom William dan adiknya. Namun mimpi besar yang ada dibalik pendirian perusahaan ini menjadi roda penggerak, dan intuisi Oom William untuk menambahkan kata International di belakang Astra merupakan impiannya untuk melihat perusahaan ini menjadi pemain dalam perdagangan International. Kehidupan yang dijalani dengan penuh semangat untuk berdagang adalah passion Oom William, hal ini menjadi bahan bakar yang seolah tak pernah habis. Beliau selalu mencoba berbagai peruntungan, spekulasi, dan selalu berpegang pada intuisinya.

Pohon rindang merupakan cita-cita yang ingin diwujudkan Oom William untuk Astra International. Beliau menginginkan perusahaan ini menjadi tempat bernaung bagi karyawannya dan buah-buah yang dihasilkan oleh Astra akan memuaskan para karyawannya. Kearifan Oom William membuat saya banyak belajar mengenai arti sesungguhnya dari ketulusan. Beliau merupakan atasan yang sangat humble, beliau mengenal stafnya bahkan sampai ke staf OB nya. Oom William mengajarkan dalam hidupnya untuk selalu memanusiakan orang lain, perlakukanlah orang lain seperti dirimu sendiri ingin diperlakukan. Buku ini sangat direkomendasikan untuk kalian para pengusaha muda untuk belajar arti kata kehidupan, semangat, integritas, peduli, nasionalisme, dan kearifan dari kisah hidup Oom William.

 

  




By : Aldrian Kuswadi

Posted on September 18, 2015 read:77

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter