Belajar Ga Melulu Dari Yang Lebih Tua

Hai YOTers !

Gimana kabarnya hari ini? Semoga kalian yang membaca artikel ini selalu diberikan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air ya.

Sadarkah YOTers bahwa banyak anak muda jaman sekarang yang merasa malu untuk menggunakan batik karena menganggap batik hanya pakaian untuk orang tua dan anak muda hanya memakainya saat kondangan saja? Padahal batik lebih dari itu, batik merupakan warisan Indonesia yang wajib kita lestarikan. Ketika saya menghadiri salah satu acara workshop di daerah Jakarta, terdapat seorang peserta workshop yang mencuri perhatian banyak orang karena penampilannya. Pakaian yang ia gunakan sangat berbeda dari kebanyakan peserta lain yang seumuran dengannya. Pakaian apa yang ia gunakan? Ya, BATIK dan disertai dengan udeng (ikat kepala yang dikenakan kaum Pria di Bali). Tatapan para peserta workshop seolah ingin mengatakan “IH KAMPUNGAN BANGET SIH NIH ANAK KECIL !!!”

Dan ketika dua orang MC terus mengolok olok penampilan anak ini, dengan bangga ia mengatakan “BATIK KAN ASALNYA DARI TANAH INDONESIA JADI SUDAH SEWAJARNYA  SAYA MELESTARIKAN WARISAN YANG SUDAH ADA, MESKIPUN SAYA BUKAN ORANG BALI TAPI KAN GAPAPA KALAU SAYA SUKA PAKE TUTUP KEPALA INI *sambil menunjuk ke tutup kepala yang ia kenakan* DARIPADA SAYA SOK KEREN PAKE PAKAIAN DAN TOPI ANAK GAUL KAYAK KAKAK KAKAK MC” Seketika kedua MC ini langsung diam setelah mendengar apa yang diucapkan oleh anak ini. Saya dan peserta workshop yang lain pun demikian. Dalam pikiran saya bergumam “Anak sekolah yang masih pake seragam aja pikirannya sudah seperti ini, kenapa kami yang sudah menjadi mahasiswa merasa enggan untuk mengenakan batik ke kampus”

Dari real story yang saya paparkan, pelajaran yang dapat saya petik adalah belajar ga melulu dari yang lebih tua. Belajar dari siapa saja tanpa memandang usia. Masih sangat jarang saya jumpai pelajar yang bangga dengan warisan dari negerinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membangkitkan rasa nasionalisme kita terhadap negeri kita ya YOTers.

See You On Top !

 

 

Regards,

Devina Wulandari

  




By : Devina Wulandari

Posted on August 30, 2015 read:757

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter