Belajar Politik

Halo YOTers…  Tau kan kalau tahun ini dikenal sebagai tahun politik? Banyak moment-moment penting perpolitikan Indonesia terjadi di tahun 2014. Carut marut, drama, dll sudah biasa terjadi di politik. Sampai-sampai jika sedang nonton tv, terutama channel-channel yang khusus menayangkan soal berita-berita, kita mungkin bisa dibilang merasa prihatin, capek, sudah tidak peduli lagi. Nah.. kalo udah kaya gini nih kita harus sadar dan saling mengingatkan bahwa sebenarnya politik itu berguna dan memang harus kita pelajari dan pahami. Jika kita saja sudah tidak peduli dengan politik, mau dibawa kemana bangsa ini? Mau juga bangsa ini dikendalikan oleh segelintir orang yang memiliki kepentingan untuk mendapatkan  kekuasaan?  

Alasan mengapa kita, sebagai anak bangsa, setidaknya memahami politik adalah kita sebagai rakyat harus memonitor atau mengawasi para wakil-wakil pemerintahan. Tapi kita juga sebaiknya tidak hanya mengawasi para pejabat di negeri ini, kita juga harus bisa mulai ambil peran sebagai rakyat. Butuh kerja sama antara pemerintah dan rakyatnya sehingga pemerintahan berjalan selaras atau harmonis. Tentunya sulit untuk dicapai. Pasti akan selalu ada perlawanan, penolakan, dsb. Contoh kecil yang bisa kita lakukan seperti, tuangkan aspirasi atau pendapat YOTers melalui social media. Tapi jangan sampai membuat sekelompok orang marah. Mengutarakan pendapat wajar, tapi juga harus tau aturan-aturannya. Misal, saat kenaikan BBM, banyak rakyat yang merasa dirugikan sehingga melakukan aksi demo sampai anarkis. Coba deh utarakan pendapat YOTers di social media, bagaimana kita memandang kenaikan BBM ini sebagai hal yang wajar. Dan memang perlu dilakukan demi keberlangsungan Negara ini. Dengan begitu, pendapat YOTers dilihat dan bisa saja membuka pemikiran para aksi demo. Jadi, YOTers tidak hanya mengutarakan pendapat, tapi juga meredam pertikaian yang ada.
 

Tidak harus jadi politikus untuk mengerti politik. Walaupun kita sebagai rakyat, kita juga harus cerdas. Walaupun kita tidak menyukai politik, kita harus belajar mengerti politik. Karena setiap kebijakan pemerintah yang dikeluarkan, akan berdampak dan berpengaruh pada kehidupan kita. Walaupun kita muak dengan politik, tapi kita jangan cuek. Ada kutipan yang memang betul adanya dari buku Berani Mengubah, Pandji Pragiwaksono. “Ketidakpedulian kita membawa korban. Korbannya adalah diri kita sendiri, rakyat Indonesia.”

So YOTers, kitalah yang nantinya akan memegang peran untuk melanjutkan yang baik dan membenahi apa yang masih perlu diubah. Mulailah memahami politik. Tapi saran saja nih YOTers, mempelajari politik mulai dari membaca buku-buku tentang politik. Apa sih sebenarnya politik itu. Karena yang kita lihat sekarang-sekarang ini kebanyakan adalah perilaku politik yang belum benar. 

 

See U on TOP!

 

Eriska Nugrahani

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassador

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on December 13, 2014 read:119

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter