(Belum) Merdeka!

Merdeka! Setiap kali merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Kata ini selalu kita dengar kan YOTers? Pasti! Mengapa saya bilang pasti? Setiap tahun Indonesia terus bertambah usia, semangat nasionalisme kembali menguat di hari-hari menjelang 17 Agustus disetiap tahunnya. Mengenang para pahlawan dengan semangat kata “merdeka”. Tetapi apakah kita sudah merdeka dengan makna merdeka sesungguhnya? Pendapatku belum. Bagaimana dengan kalian?

Usia Indonesia memanglah belum terlalu tua, tetapi seharusnya di usia 69 ini kita sudah merasakan hakikat kemerdekaan yg sesungguhnya. Dimulai dari pendidikan dan kebudayaan. Dari aspek ini saja sudah terlihat bahwa kita belum merdeka dengan sesungguhnya. Tingkat pendidikan masih rendah, banyak pihak-pihak asing yang sengaja ingin membodohi rakyat Indonesia. Karena apa? agar kita sebagai penerus bangsa tidak bisa berbuat banyak untuk negara yg kaya raya ini. Mereka ingin kita terus “bodoh” dengan membiarkan mereka menguasai kekayaan bumi Indonesia. Kebudayaan? See, anak muda sekarang sibuk dengan gadget mereka masing2. Di kendaraan umum? Tempat umum? Semua sibuk dengan gadget masing-masing. Hey lihat, disekitar kalian masih banyak orang yang membutuhkan kalian untuk “berbagi”. Ekonomi kita pun begitu, pejabat-pejabat tinggi disana sangat mudah dirayu oleh “asing” dengan uang agar mereka dapat membuat proyek yg dapat menguntungkan negara mereka.

Benar kan YOTers? Kita harus aware paling tidak dengan lingkungan kita. Agar Indonesia nantinya benar-benar memiliki kemerdekaan yg hakiki. Masa depan bangsa kita ada di tangan kita sendiri. Semoga kalimat singkat ini dapat membuka mata dan hati kita semua untuk terus berperan aktif dalam memajukan bangsa. Keep Learn and Share!

Merebut kemerdekaan lebih mudah daripada mempertahankannya

  




By : Muhammad Fazry Kurniawan

Posted on August 18, 2014 read:183

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter