Benefits of Dark Chocolate

Benefits of Dark Chocolate

 

            Hai YOTers. Suka makan cokelat? Sudah baca “Chocolate Facts?” Tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui manfaat konsumsi cokelat bagi kesehatan. Langsung saja berikut ini adalah beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan:

1.      Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Sejumlah penelitian telah menyarankan efek menguntungkan dari kakao pada penyakit kardiovaskular (CVD). Baru-baru ini, Zomer et al., telah menyimpulkan bahwa konsumsi harian cokelat hitam bisa menjadi strategi preventif dari penyakit kardiovaskular yang efektif pada pasien dengan penyakit metabolik.

2.      Efek pada neuron

Sebuah studi, subyek yang sehat menggunakan pencitraan resonansi magnetik menemukan bahwa hasil asupan kakao dapat meningkatkan aliran darah otak, menunjukkan kakao yang mungkin memainkan peran penting dalam pengobatan pada kondisi otak seperti demensia dan stroke. Pada penelitian Nurk, dkk. juga melaporkan kinerja kognitif yang lebih baik dengan asupan cokelat. Larsson dkk, meneliti hubungan antara konsumsi cokelat dan risiko stroke pada pria dan menyimpulkan bahwa konsumsi cokelat harian dapat mengurangi kemungkinan serangan stroke. Dan pada penelitian Walters dkk, menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat meningkatkan aliran darah otak.

3.      Efek antitumor

Beberapa studi in vitro menunjukkan bahwa kakao dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mekanisme antikanker yang tepat tidak jelas dipahami pada tahap ini. Namun, disisi lain, beberapa studi menunjukkan bahwa asupan cokelat berlebih dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit kanker.

4.      Efek anti-inflamasi

Cokelat menghambat jalur lipoxygenase, dengan langsung mengikat ke situs aktif dari enzim lipoxygenase.

5.      Kakao dan latihan pemulihan

Telah didokumentasikan bahwa suplementasi coklat sebelum latihan dapat mempercepat pemulihan karena adanya perubahan fisiologis dan metabolisme. Kadar glukosa plasma dari subyek meningkat secara signifikan pada 15 menit setelah asupan coklat dan menetap cukup lama sampai 30 menit setelah beberapa jam berjalan.

           

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi cokelat. Namun, telah disebutkan juga diatas bahwa konsumsi cokelat juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan kanker. Jadi, konsumsilah cokelat secara seimbang (jangan berlebihan) untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat YOTers.

 

 

Qonitah Azzahra

Young on Top Campus Ambassador

Gizi-Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on December 09, 2015 read:80

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter