Berani ngelakuin hal sepele


Hai YOTers, coba YOTers diam sejenak. Renungin hal kecil apa yang sering YOTers lalaikan? Tidak sedikit dari kita sebenarnya suka melupakan hal kecil loh YOTers.. Malah sering dianggap sepele. Padahal dari hal kecil itulah yang jika dilakukan secara berulang akan menjadi habit yang jelek. Habit yang jelek tersebut jika tidak dirubah, akan dibawa sampai tua dan siapa tau juga habit jelek tersebut dibawa-bawa pada saat kerja. Haduuuh… bisa sampai segitunya ya YOTers.

 

Maka dari itu, sekarang pikirkanlah kebiasaan buruk YOTers yang pernah dilakukan bahkan sering dilakukan. Misalnya saja buang sampah sembarangankah, berbohongkah, nyontek, menunda tugas, dsb. Mulai dari sekarang, yuk bulatkan tekad untuk merubah kebiasaan kecil tersebut. Sepertinya ngomong doing gampang ya YOTers… tapi coba deh bener-bener renungin jangka panjang habit buruk tersebut. Misal, dari buang sampah sembarangan. Memang hal kecil ya YOTers. Apalagi jika kita sulit menemukan tempat sampah. Tapi sebelum melakukan tersebut, ingatlah dampak yang akan terjadi. Mungkin memang belum banjir, tapi sampah kecil yang kita buang tersebut menjadi sarang kuman dan menyebabkan penyakit. Nah… apalagi kalau banyak yang buang sampah? Sudah jadi sarang penyakit, banjir, harus mengungsi. Gamau kan?

 

Sama halnya seperti berbohong dan nyontek. Waduh… habit ini sering banget ditemuin. Dari yang kecil sampai yang dewasa pun juga pernah ngelakuin hal tersebut. Jujur itu terkadang sulit diucapkan karena biasanya berbohong dapat meredakan masalah ketimpang jujur. Tapi, ga mikir ke jangka panjangnya? Cepat atau lambat, kebohongan kamu akan terungkap dan justru akan memperpanjang bahkan menambah masalah baru. Tidak mau kan terikat dengan masalah-masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah apabila jujur, namun semakin kompleks jika kamu berbohong. Lihatkan YOTers habit buruk ini jika kita lakukan terus seperti wakil-wakil kita yang masuk tv (KKN).

 

Habit baik harus kita pertahankan, dan yang buruk harus kita rubah. Kepribadian kita tercermin dari habit kita loh YOTers… Jadi yuk mulai dari sekarang niatkan kalau kita ingin merubah diri. Karena untuk merubah sesuatu, kita tidak perlu memikirkan yang besar-besar untuk jalan keluarnya. Tapi dari hal kecil lah kita bisa menyelesaikannya.       

See U On TOP!

 

Eriska Nugrahani

Young On Top Campus Ambassador

Universitas Al Azhar Indonesia

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on January 23, 2015 read:113

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter