Berbagi tidak sebatas materi!

Hai YOTers, yang selalu berada dalam langkah menuju sukses di usia muda, pernah dengar ungkapan “senyum adalah sedekah”? Well, setuju banget dengan ungkapan itu, sedekah atau lebih umumnya sebut saja “berbagi” tidak hanya bisa direalisasikan sebatas dalam bentuk materi alias uang. Kenapa? Karena orang-orang yang berkekurangan pun tidak sebatas hanya kekurangan materi. Banyak hal yang menjadikan mereka terbatas dan kekurangan, seperti kurang kasih sayang, perhatian, pendidikan atau ilmu, penghargaan, media ekspresi diri, ataupun sebatas secerca cahaya kebahagiaan. Nah, dengan tersenyum saja kita sudah bisa berbagi kebahagiaan, pasti udah pada tahu kan kalau senyum itu bisa jadi mood buster buat orang lain yang melihat kita tersenyum, karena senyum kita adalah cermin senyum orang lain. Kan gak ada susahnya “keep smile” asal disesuain ama sikonnya (situasi dan kondisinya) dan jangan berlebihan!

Selain senyum, masih banyak hal lain yang bisa kita bagikan kepada orang lain tanpa harus bersusah payah atau merasa kehilangan. Seperti perhatian dan penghargaan, dalam bentuk apa? keduanya bisa diungkapkan dengan pujian singkat yang tulus dan jujur. Contohnya, pada saat YOTShare 2013 yang baru saja dilaksanakan, ada seorang anak bernama Shinta yang sempat bercengkrama dengan saya. Dari tempat duduknya iya selalu melirik ke arah belakang tempat beberapa gambar hasil karya anak-anak panti asuhan Akhiruzzaman dipajang, karena penasaran saya pun bertanya. Ternyata dia melihat karyanya sendiri yang berisi gambar seorang guru yang sedang mengajar. Spontan, saya berkata “Mulia sekali cita-citanya sayang”, Shinta sontak tersenyum bahagia dan merespon dengan kata “Terima kasih”. Setidaknya pujian singkat sebagai bentuk penghargaan atas karya Shinta yang keluar dari mulut saya mungkin bisa memberikan segenggam motivasi yang berarti untuknya dalam tahap pencapaian cita-citanya kelak.

Berbagi tidak hanya terhitung dengan nilai rupiah kawan! Begitu banyak generasi muda di luar sana yang membutuhkan dan memimpikan akses pendidikan layak, dimana mungkin bagi kita yang berkecukupan hanyalah sebatas fasilitas wajib yang biasa. “Pendidikan memang tidak ada yang gratis 100%, karena harus ada media dan fasilitas sebagai tools wajib bagi jalannya suatu proses belajar mengajar. Tapi, setahu saya bahkan di zaman materialistis saat ini pun, pada kenyataannya, layaknya senyum ataupun pujian, ilmu juga tidak akan berkurang saat dibagikan. Jadi, apa susahnya berbagi sedikit hal yang kita miliki pada mereka yang membutuhkan, toh itu semua tidak akan berkurang.

YOTers yang bijaksana, “tak perlu menunggu sukses untuk berbagi, karena berbagi tak sebatas materi”. Kehidupan kita akan lebih berarti saat kita bisa bermanfaat bagi orang lain di sekeliling kita, bahagia sendirian nggak akan seru tau! So, Keep LEARN and SHARE!

 

@ainulsyamsiana

  




By : Ana Ainul

Posted on July 31, 2013 read:363

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter