Berorganisasi, telat memulainya atau tidak memulainya

Berorganisasi tentunya tidak asing lagi bagi kita semua, terutama dalam lingkungan perkuliahan. Sejak masih duduk dibangku sekolah pun kita sudah dapat memulainya, dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Berorganisasi terdengar mudah untuk dilakukan tetapi tidak semua orang yang mau bergabung ke dalam suatu organisasi atau memulainya sejak awal.

Banyak faktor yang membuat seseorang belum mau atau bahkan tidak mau berorganisasi dengan berbagai alasan. Alasan paling sering kita dengar “Buat apa sih berorganiasasi, nanti pasti bakal sibuk dan ga bisa hang out sama temen-temen” atau juga “Ngapain sih berorganisasi, gue fokus kuliah aja lah, nanti nilai gue turun karna ga fokus”. Jadi, bagi kalian yang masih terlintas kalimat seperti itu di pikiran kalian, sebaiknya cepat-cepat lah hilangkan pikiran seperti itu. Kenapa begitu? Karena semakin cepat kalian menghilangkan pikiran seperti itu sama dengan mempercepat diri kalian melangkah kedepan dari orang-orang yang tidak ada terlintas sedikit pun di dalam dirinya untuk berorganisasi.

Tentunya mudah bagi seseorang yang sudah memulai berorganiasasi sejak dini untuk menyarankan teman atau orang-orang lainnya agar bergabung dalam organisasi. Sebaliknya, bagi seseorang yang belum pernah memulainya, itu merupakan ide buruk atau bahkan suatu hal yang menakutkan. Mengapa ide buruk? Iya tentu saja karena itu tidak pernah terpikirkan olehnya dan menakutkan karena orang tersebut merasa dirinya sangat berbeda jauh dengan orang telah berorganiasasi yang terkesan serius dan teratur dalam melakukan sesuatu.

Untuk itulah diperlukan cara berpikir yang terbuka bagi seseorang yang belum pernah berorganisasi agar dia dapat mengetahui kebutuhan jangka panjang yang harus dia pupuk sejak di bangku sekolah atau di perkuliahan. Langkah paling awal yaitu harus memulai untuk berani keluar dari zona nyaman kita. Zona nyaman yang dimaksud adalah tidak mau terikat dengan aturan seperti halnya didalam organisasi, jika biasanya lebih suka bersantai-santai dengan hang out bersama teman dan lain sebagainya.

Setelah kita mampu untuk keluar dari zona nyaman, mulailah mencari wadah yang tepat sesuai dengan passion atau paling tidak tempat yang dapat membawa kita kearah yang lebih baik. Tentunya tidak mudah bagi seseorang yang baru ingin memulai berorganisasi, perlu rasa percaya diri dan kemauan belajar yang kuat agar keikutsertaan dan semangat untuk berorganisasi tidak hilang ataupun redup.  Dan yang terakhir menjalaninya dengan konsisten hingga akhirnya berorganiasasi bukan lagi sebagai kebutuhan tapi dapat menimbulkan kesenangan tersendiri.

  




By : Mutia Azmi Nabila

Posted on August 22, 2015 read:93

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter