Bukan Menolak Kesempatan, tapi...

 

 

Orang bilang, kesempatan tidak datang dua kali, maka jangan disia-siakan.

Apakah kamu memercayai hal yang sama, YOTers? Jika iya, kita adalah orang yang sepemikiran. Tapi itu dulu.

Ketika kesempatan datang, maka saat itu juga kita harus mengambilnya dengan segera. Jangan sampai hilang, jangan sampai melayang karena kesempatan tidak datang dua kali, begitulah katanya. Di dalam hidup, terkadang kita terlalu fokus dalam mencari dan mencari, mencari peluang dan mencari kesempatan. Kadang kita terlalu tamak dan egois terhadap diri sendiri. Dengan dalih “mencari dan mencoba”, maka segala kesempatan yang ada langsung dilahap dengan sekejap. Tak jarang, kesempatan itu diambil tanpa pemikiran yang panjang dan pertimbangan yang matang. Alhasil, kesempatan-kesempatan yang dikumpulkan menjadi satu itu akhirnya berbenturan dan menyusahkan sang tuan.

Dalam menuju proses pendewasaan, seseorang melewati banyak kisah dan pengalaman. Tidak jarang, rintangan sering ditemui di tengah perjalanan. Namun, dari sanalah kita bisa memetik hikmah dan menjadikannya sebagai pelajaran untuk ke depan. Semakin dewasa, semakin banyak hal yang berubah, pola pikir contohnya. Dulu berpikir sama bahwa kesempatan adalah haram hukumnya untuk disia-siakan. Namun, akhir-akhir ini tersadar bahwa tidak setiap kesempatan wajib diambil. Hal ini tentunya karena berkaca dari pengalaman masa lampau yang patut dijadikan sarana belajar dan evaluasi diri.

Bukan menolak kesempatan yang datang, hanya saja kesempatan itu tidak berisikan sesuatu yang sedang dibutuhkan. Terkadang kita harus berani to say NO kepada siapapun, apapun, termasuk terhadap kesempatan. Bukan berarti kufur nikmat ataupun pongah, namun sejatinya  hidup adalah pilihan: pilihan untuk memilih atau tidak memilih, memilih untuk memilih kesempatan yang ada atau menciptakan kesempatan yang baru. Pertimbangkan dengan sangat matang apakah kesempatan yang datang tersebut merupakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai dengan tujuan. Pikirkan juga tidak hanya sekedar manfaat, namun juga konsekuensi yang siap menanti di balik semua itu. Dengan begitu, kita akan bisa dengan mudah memutuskan untuk take it or leave it. Apakah akan menerima kesempatan itu, atau mencoba membuka kesempatan yang baru.

23 Januari 2016. 09:04 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on January 23, 2016 read:75

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter