Bulan Pahlawan

Hai YOTers!;) Bulan ini identik dengan hari pahlawan. Karena pada tanggal 10 November kemarin, dikenal sebagai hari pahlawan. Nah... apa sih sumbangsih kita sebagai generasi muda yang atas jasa-jasa para pahlawan, kita tidak merasakan perang lagi? Kita tidak lagi dijajajh dan kita sudah hidup dimana negara sudah berdaulat. 

 
Kalau di zaman pra kemerdekaan kita bisa melihat di buku-buku sejarah, buku pelajaran, film-film kemerdekaan, ataupun cerita langsung dari kakek-nenek kita bagaimana keadaan dan situasi pada zaman tersebut. Pasti yang tergambar adalah kesengsaraan dan hal itu membuat kita miris. Dijajahnya negara kita oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang membuat rakyat Indonesia di kala itu sadar. Betapa mereka merindukannya sebuah kedaulatan negara. Kala itu perlawanan rakyat Indonesia masih terpisah-pisah di berbagai daerah, jadi kekuatan rakyat Indonesia masih bisa dipatahkan oleh penjajah. Namun setelah munculnya sumpah pemuda yang mempersatukan seluruh rakyat Indonesia, penjajah mulai kesulitan.
 
Tahukah kalian? Belanda kala itu mempunyai hutang. Mereka menjajah kita, memeras kekayaan alam kita, mengadu domba rakyat kita demi kepentingan mereka semata, dan alhasil hutang Belanda tertutupi malah mereka mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Itu semua karena Indonesia. Tentunya Belanda berhutang pada kita. 
Perjuangan mendapatkan kedaulatan tidak gampang. Para pemuda Indonesia berjuang dengan cara berorganisasi dan Jepang kala itu  menjanjikan kemerdekaan yang tidak akan pernah diwujudkan. Sedangkan di daerah-daerah, rakyat Indonesia berperang melawan penjajah. Tidak sedikit yang meninggal di peperangan. Merekalah yang berjuang tanpa mengharap imbalan. Mereka hanya menginginkan hidup yang berdaulat dan mereka tau bahwa nyawa merekalah taruhannya. Merekalah yang patut kita kenang YOTers...
 
Dan sekarang, ketika Indonesia sudah dianggap sebagai negara berdaulat, apa yang kita lakukan sebagai generasi muda? Kita harus berperang melawan siapa? Lah wong udah ga dijajah. Tapi kalian pasti tahu bahwa tantangan yang lebih besar juga sudah menanti kita. Terlebih lagi tantangan dari luar. Sekarang perang tidak lagi memakai senjata, namun dengan otak. Negara yang memiliki usia produktif lebih besar harusnya mempunyai peluang lebih besar lagi untuk memajukan negaranya. Kita sebagai anak muda, harus memberi peran/kontribusi di zaman globalisasi ini. Lakukan sesuatu agar Indonesia tidak menjadi negara yang diremehkan lagi. Ingat loh YOTers, apabila YOTers memberikan kontribusi pada negara, bukan hanya keluarga maupun teman saja yang bangga. Namun pemerintah dan para pahlawan kita juga akan bangga karena perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan tidak sia-sia:') 
 
See U on TOP!
 
Eriska Nugrahani
Univeristas Al Azhar Indonesia
Young On Top Campus Ambassador
  




By : Eriska Nugrahani

Posted on November 21, 2014 read:120

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter