Cenderella : Be Kind and Be Brave

Dear YOTers,

Gue ingin sedikit review tentang film Cinderella beberapa hari yang lalu.

Mungkin dari kecil (khususnya yang cewek-cewek) pasti akrab banget dengan kisah Cinderella, gadis cantik yang tinggal dengan ibu tiri dan kedua saudara tirinya yang sirik, ditolong oleh ibu Peri, sepatu kaca, pesta dansa dan Pangeran. Yah itulah icon-icon kisah Cinderella tapi bukan itu yang ingin gue bahas.

Gue menggaris bawahi sebuah lesson learned dari film itu, moral value yang dominan dalam film itu. Be Brave dan Be Kind.

Kalimat itu adalah permintaan terakhir ibu kandung Cinderella kepadanya sebelum meninggal. Prinsip hidup yang akan menjadi modal dia dalam mengarungi kisah dongeng di Bumi. Pada saat itu Cinderella masih terlalu kecil untuk memahami maknanya tapi ia berusaha menjalankan permintaan ibunya.

Be Brave. Cinderella berani menatap dan menjalani hidupnya yang begitu sulit dengan berbagai keterbatasan, ketidaknyamanan dan ancaman. She faces it! Dia berani keluar dari zona nyamannya dan mengambil resiko sampai akhirnya berkenalan dengan Pangeran. Dia berani mengambil keputusan dan berbesar hati. Yang paling berani adalah dia berani memaafkan keluarganya atas apa yang telah dia terima.

Be kind. Kita semua tahu bahwa Cinderella gadis yang terlalu baik. Dia tetap tersenyum. Selalu menghibur dirinya bahwa keadaannya tidak terlalu buruk kok. Dia tetap ramah dan tidak dendam dengan keluarga tirinya.

Lalu apa yang beda? Sepertinya biasa saja. Dalam kehidupan nyata, Be Kind saja tidak cukup. Kita akan selalu dimanfaatkan orang, selalu dilecehkan, selalu direndahkan jika terlalu baik yang berlebihan. Terlalu berani (Be Brave) juga tidak, karena kita akan terlihat angkuh, sok, arogan dan sejenisnya. Kita harus mengkombinasikan keduanya sesuai kadarnya.

Kita harus selalu baik kepada orang lain, selalu tetapi kita juga harus bisa berani tegas terhadap diri sendiri dalam mengambil keputusan. Kita harus berani dan mempertimbangkan yang terbaik dan berani berkata tidak jika memang itu buruk.

Created by :
Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
Young On Top Campus Ambassador batch 5

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on April 17, 2015 read:99

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter