CEO = Sales

Banyak anak muda yang ngga suka dengan: SALES. Kenapa? Karena di benak kita entah kenapa, kalo ngomong soal 'sales' yang kebayang adalah jualan nawarin barang dari rumah ke rumah. Bahkan, mungkin bukan hanya ngga suka, tapi takut.. kalo dengar kata 'sales'. Kenapa takut? Karena ada target yang harus dicapai, dan takut ditolak alias ngga bisa jualan.

Sementara, banyak banget anak muda yang mau banget jadi: CEO. Jelas, siapa yang ngga mau jadi orang nomor satu di sebuah perusahaan? Meskipun seorang CEO adalah orang yang mengemban tugas dan tanggung jawab terberat, banyak anak muda yang tetap mau jadi CEO karena beberapa hal, diantaranya: keren & penghasilan/gajinya besar.

Tapi, siapakah sesungguhnya CEO itu? CEO itu sama dengan SALES. Tugas utama seorang CEO adalah memimpin perusahaannya. Gimana seseorang bisa memimpin perusahaannya kalau dia tidak mampu 'menjual' visi dan misinya kepada seluruh karyawannya? 

Tim yang solid tercipta hanya ketika seluruh anggota tim percaya akan visi dan misi yang ingin dicapai oleh tim tersebut. Nah, pada umumnya, visi dan misi ini 'datang' dari seorang CEO. Ingat, anggota tim tidak akan bisa percaya kalau sang CEO tidak mampu 'menjual' visi dan misinya ke seluruh anggota tim. 

Seorang CEO juga harus mampu meyakinkan calon kliennya untuk mau jadi klien perusahaannya. Ini juga jualan. Seorang CEO juga harus mampu meyakinkan vendor-vendornya supaya terus mau mendukung produksi perusahaannya. Ini juga jualan. Seorang CEO juga harus mampu meyakinkan media untuk mau mem-feature perusahaannya. Ini juga jualan.

Jadi, kalau kamu mau jadi CEO, kamu harus belajar jualan (SALES). Bermula dari apa? Dari coba perluas wawasan, bagaimana membuat CV yang baik. Bagaimana cara menghadapi interview yang baik. Ini proses belajar tersederhana dalam 'menjual diri' kamu. 

Jangan berharap lantas kamu akan langsung jago jualan. Butuh jam terbang. Tapi, setidaknya.. mulailah belajar dari sekarang. Mau jadi CEO? Jadilah SALES yang hebat.

See you ON TOP!

@billyboen

  




By : Billy Boen

Posted on June 18, 2014 read:2,810

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter