Cerita Saya tentang Menulis

YOTers, sekarang saya menulis tentang saya yang sedang suka menulis.

Ceritanya, saya lagi magang di Ruangguru.com, sebuah startup yang bergerak di bidang pendidikan. Kebetulan tugas saya adalah untuk mengembangkan konten blog dan sosmed dari Ruangguru.com ini. Jadilah saya melakukan pekerjaan yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya : menulis setiap hari.

Dalam perkembangannya, target tulisan terus semakin tinggi. Dari awalnya saya hanya mampu menulis 4 artikel dalam seminggu, hingga sekarang bisa menulis 15 artikel dalam seminggu. Peningkatan itu sangat banyak manfaatnya bagi saya, yang sejak dulu punya keinginan untuk bisa menulis dengan baik, namun tidak kesampaian. Sampai akhirnya disini saya buktikan sendiri bahwa saya bisa, dan sebelumnya saya hanya tidak memulai untuk latihan.

Start

Seperti berbagai hal lain yang ingin kita lakukan, kuncinya ini : Mulai. Saya dulu ingin belajar menulis, tapi tidak pernah benar-benar rutin menulis. Ya, saya memang beberapa kali menulis dalam setahun, namun kali ini di tempat magang, saya mulai dari membuat 1 konten dalam sehari, hingga akhirnya saya bisa membuat 4 konten dalam sehari. Saya bisa melakukannya karena saya rutin melakukannya, dan rutinitas ini walaupun didorong faktor pekerjaan, saya cukup senang menjalaninya.

Practice

Kualitas atau Kuantitas? Kalau bisa keduanya, kenapa tidak? Selain saya belajar untuk meningkatkan kualitas, seiring waktu saya juga belajar untuk meningkatkan kualitas konten yang saya buat. Entah dari menentukan tema, membuat judul, sampai keseluruhan isi dan fitur dari konten yang saya buat. Latihan sangat penting. Lakukan latihan, evaluasi kekurangan, lalu perbaiki segera. Ada kalanya saya memperlambat pace untuk melakukan evaluasi, sesuai kebutuhan. Alhamdulillah, beberapa konten yang saya buat cukup disukai pasar, walaupun masih banyak yang harus ditingkatkan. So, practice!

Happy

“Saya tidak bisa menulis”, “Saya tidak suka menulis”, “Saya sukanya ngomong”, dan berbagai hal lainnya seringkali jadi excuse untuk tidak menulis. Well, I used to be like that. Saya yakin sebagian besar orang tidak menulis bukan karena tidak suka, namun tidak percaya diri. Itu yang saya rasakan dulu. Namun dengan memulai dan latihan, saya akan berusaha terus berkembang. Kalau YOTers ada yang membaca tulisan saya di sini sejak tahun lalu, mungkin merasakan bedanya tulisan saya dulu dengan sekarang.

Saya sangat senang ada wadah seperti blog dan website ini, karena bisa menjadi wadah untuk saya menulis dengan tujuan sharing tanpa harus takut di judge orang tentang tulisan kita. Seiring berjalannya waktu, pola pikir kita juga akan terbangun kok, dan akan sangat membantu kita dalam berbicara dengan baik juga. So, I’m happy!

---

YOTers, kamu punya pengalaman seperti ini? Jangan lupa ceritakan kepada yang lain ya. Semoga bermanfaat!

See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on August 22, 2015 read:113

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter