Change now!

Salah satu kunci sukses yang perlu kita pahami dan kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah “berubah”. Tentunya, berubah yang saya maksud dalam tulisan ini adalah perubahan ke arah positif. Saya yakin, YOTers semua sudah menyadarinya, betapa dinamisnya kehidupan yang ada di sekitar kita, yang salah satu penyebabnya adalah persebaran informasi yang begitu luas dan “deras”. Kita ngga mau dong, kita menjadi korban-korban yang tertimbun oleh informasi-informasi yang deras tadi. Idealnya, kitalah yang seharusnya berada di puncak tumpukan informasi-informasi itu.

Nah, bagaimana caranya untuk mencapai puncak informasi itu? Ada 3 tips yang akan saya share di sini agar YOTers tidak menjadi korban informasi tetapi menjadi user atau bahkan creator informasi.

1.    Be foolish!

Saya tidak bermaksud untuk meminta YOTers menjadi manusia yang bodoh melainkan saya ingin menanamkan pada YOTers semuanya untuk menyadari dan memposisikan diri sebagai orang yang tidak tahu apa-apa. Kalau tidak tahu ya ngaku, jangan sok tahu! Kira-kira begitulah versi kasarnya. Nah, dalam posisi ketidaktahuan, YOTers tidak boleh berpasrah dala ketidaktahuan itu. Jadikan tidak tahu menjadi ingin tahu dengan cara belajar. Intinya itu.

2.    Choose your path

Tadi di awal sudah saya jelaskan bahwa informasi di era sekarang ini sangat luas dan “deras”. (Setahu saya) tidak ada satupun manusia yang benar-benar menguasai semua informasi yang luas dan deras tadi. YOTers cukup memilah dan memilih informasi-informasi yang relevan dan sesuai dengan (mungkin) hobi, bidang yang diminati, profesi, dan yang lainnya. Setelah memilah dan memilih, YOTers akhirnya mampu untuk fokus mempelajari informasi pilihannya dan in the end, hopefully bisa menjadi puncak dari informasi itu.

3.    Go crazy!

Lagi-lagi saya tidak meminta YOTers untuk literally menjadi gila, tapi yang saya maksud adalah dari segi idenya. Kalau dulu tidak ada Wright Brothers yang sangat gila dengan mimpinya untuk membuat manusia terbang, mungkin saat ini kita tidak akan pernah mengenal apa itu pesawat terbang. Begitu juga dengan Alexander Graham Bell yang idenya tidak kalah gila dengan produk teleponnya. Sangat mungkin jika tidak ada ide gilanya, merpati pos masih menjadi jasa terlaris untuk berkomunikasi jarak jauh, hehehe. Intinya, orang-orang (ide) gila dapat dikatakan sangat berjasa terhadap kemajuan dunia hingga saat ini. Nah, setelah YOTers paham betul dengan bidang-bidang yang diminatinya, tidak ada salahnya untuk menjadi “gila”. Jadi “gila” dan create something new.

Semoga 3 tips sederhana tadi dapat YOTers pahami dan aplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari dan pada akhirnya dapat berkontribusi dan bermafaat untuk banyak orang.

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta - UNJ - @gibqar

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on August 17, 2015 read:71

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter