Character Development Building

Dear YOTers

Dalam waktu dekat ini kampus gue akan disibukkan dengan kegiatan Character Development Building. Untuk mahasiswa tingkat 1 bertempat di Cibubur yang akan dilatih oleh Kopasus. Untuk tingkat 2 bertempat di Scapa-AD Bandung. Masing-masing 3hari 2malam untuk tingkat 1 dan 4hari 3malam untuk tingkat 2.

Kegiatan ini berbentuk seperti wajib militer. Entahlah, apakah ini sungguh untuk pembinaan karakter atau penghabisan anggaran akhir tahun semata. Tujuan dari kegiatan ini, sudah pasti kita sering mendengarnya. Kedisiplinan.

Gue agak sedikit tidak setuju dengan sistem dan program ini sesungguhnya. Pertama karena kita adalah orang sipil yang pelatihan dan karakternya jelas tidak bisa disamakan dengan orang militer. 

Kedua, saya lebih setuju dengan sistem pembinaan bertahap namun akan permanen dan secara berkala. Bukan instan dan sedikit pemaksaan.

Pembinaan karakter tidaklah mudah, untuk merubah karakter seseorang pasti sulit. Bisa dengan cara instan seperti pendidikan yang sedikit memaksa seperti itu, tapi hasilnya pun juga instan dan tidak tahan lama. Dari hasil evaluasi tahun lalu, efek dari program itu hanya bekisar seminggu sampai sebulan saja. :"

Gue lebih setuju dengan sistem pembinaan secara berkala melalui mentoring rutin misalnya. Brainstorming, bedah buku lalu diskusi. Hal-hal simple tetapi membuka pikiran secara luas dan bertahap. Hal itu lebih mudah diterima dan akan lebih awet.

Tapi hal itu juga kembali kepada pemikiran dan individu masing-masing. Menurut YOTers lebih setuju yang mana nih?

 

By :
Lisa Amalia Artistry Ramadhani
Young On Top Campus Ambassador batch 5
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on December 13, 2014 read:108

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter