Curahan Hati, Tentang Resolusi

Halo YOTers!

Ga kerasa, udah sampai ke penghujung tahun 2015 ya. Sekarang udah pertengahan November, yang artinya sekitar 1,5 bulan lagi kita bakal menyambut tahun baru 2016. Who’s excited?? Hehe..

Nah, kalau di awal tahun baru, kita banyak ngomongin resolusi untuk perbaikan dan kemajuan diri kita di tahun tersebut, gimana kalo sekarang kita ngebahas resolusi yang kita buat di awal tahun 2015?

Ukur Pencapaian

Siapa yang masih ingat resolusi apa saja yang ditulis waktu awal tahun 2015? Yuk, coba sebut satu-satu, dan ukur pencapaian dari resolusi yang kita buat udah seberapa. Apakah udah mencapai 60%, baru 20%, atau bahkan tercapai 100%?

Gimana cara ngukurnya? Sebaiknya dengan mengecek milestones yang kita butuh untuk mencapai suatu resolusi. Kalau YOTers tidak sempat atau belum kepikiran mencatat milestones di awal tahun kemarin, bisa dikira-kira, dan mulailah membuat resolusi dengan target-target capaian (milestones) mulai tahun depan.

Nah, mengukur pencapaian sangat penting bagi kita, agar kita bisa melakukan….

Evaluasi

Udah tau seberapa pencapaian resolusi kita? Saatnya melakukan evaluasi terhadap pencapaian-pencapaian tersebut. Kenapa bisa tercapai 60%? Kenapa Cuma 20%? Kenapa ada yang berhasil 100%?

Benar-benar ambil waktu untuk pikirkan. Cari tahu faktor apa saja yang mempengaruhi pencapaian kita. Bisa jadi berbagai hal, mulai dari suatu kejadian yang bikin kita termotivasi atau ragu, atau suatu seminar yang kita ikutin, bikin kita kenal dengan seseorang yang akhirnya berperan terhadap pencapaian kita, dukungan orang tua, teman, dll. Cari tahu juga hal baik atau usaha besar apa yang kita lakukan untuk mencapai hal besar, kesulitan apa yang kita hadapi, atau kelalaian yang harusnya ga boleh dilakukan.

Mengetahui faktor, kelebihan, kekurangan, sangat penting pula buat kita supaya bisa…

Stop atau Ngebut!

Coba liat-liat lagi, apa target yang kita buat masih bisa dicapai, sampai tahap mana, sebesar apa usaha yang kita perlu. Abis itu ambil keputusan, apa kita mau stop, jalanin sampai tingkat pencapaian tertentu, atau kebut. Semua sebaiknya kamu tentuin secepat mungkin, biar kamu bisa jalanin sisa tahun ini dengan tenang dan terencana, dan segera…

Rencanakan resolusi baru

Jelas ini yang harus kita siapin untuk tahun depan! Jangan nunggu 2016 datang baru bikin resolusi. Dari hasil ukur pencapaian dan evaluasi, saatnya kita bikin target-target baru untuk tahun depan. Kali ini, buat lebih detail, baik dari segi keinginan maupun action plan nya. Biar tahun depan kita bisa ngejalaninnya dengan lebih terukur, dan ga ngulangin lagi kesalahan-kesalahan yang udah kita buat tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya.

---

Hmm.. Mungkin kali ini segini aja ya curahan pikirannya. Semoga bisa jadi bahan bacaan yang baik dan bermanfaat buat YOTers sekalian.

See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia (@yuzamulia)
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

  




By : Yuza Mulia

Posted on November 09, 2015 read:158

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter