Damai dan Perbedaan itu Indah

Pertama-tama, saya dan atas nama YOUNG ON TOP, ingin mengucapkan Selamat Idul Fitri 1434 H. Mohon maaf lahir dan batin ya, teman-teman.

Saya memang bukan seorang Muslim. Tapi saya punya banyak sahabat dan teman yang Muslim. Kakak kandung saya seorang Muslim, begitu juga kakak ipar dan keponakan-keponakan saya. 

Saya tidak tahu menahu soal Islam secara detail. Tapi yang saya tahu, Islam itu damai. Oleh karena itu, saya (dan berharap agar semua YOTers) tidak akan pernah terprovokasi oleh tindakan-tindakan ormas yang mengatasnamakan suatu agama tertentu, dan merusak (demi alasan apapun itu). Karena sekali lagi, saya percaya bahwa semua Agama mengajarkan kebaikan, kedamaian, bagi seluruh umatnya. Tanpa terkecuali, Islam.

Saya adalah orang yang sangat sangat sangat menghargai perbedaan. Saya bukan hanya menghargai dalam ucapan, tapi dalam tindakan. Saya adalah orang yang tidak pernah tahu (dan peduli) apa Agama dan ras seseorang. Dalam berteman dan berbisnis, saya tidak pernah pilih-pilih berdasarkan kedua hal itu, umur, status sosial, jenjang pendidikan, atau apapun itu.

Saya masih ingat betul ketika di Oakley, saya kesulitan menentukan siapa saja yang harus saya kirimkan Kartu Lebaran atau Kartu Natal (hingga saat ini). Sampai-sampai sekretaris saya waktu itu ngetawain saya ketika saya menyortir kartu nama mana yang harus saya kirimkan Kartu Lebaran, karena seseorang jelas-jelas namanya "Kristen banget" termasuk di dalam daftar itu.

Saya juga masih ingat betul ketika saya diketawain seorang sahabat saya karena saya tidak tahu bahwa si "X" adalah seorang beretnis Cina. Saya sempat nanya, "Lo tau dari mana?" Dan sahabat saya bilang, "Ya jelas lah.. lo ngga bisa liat?" Saya, "Mana gua tau?"

Di dalam short biography buku "Young On Top", ditulis: "Billy Boen, pengusaha muda asal Indonesia..." sempat dipertanyakan beberapa orang. Mereka bertanya, "Maksudnya apa? (maksud mereka: Saya kan Chinese, kenapa ngakunya pribumi?)" Saya jawab, "Ha? Kenapa? Saya kan orang Indonesia?" Saya memang beretnis Cina, tapi saya kalau ngga salah adalah generasi ke-8, lahir dan besar di Indonesia.. dan dalam keseharian saya,.. saya bangga menjadi Warga Negara Indonesia.

... Apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan dalam tulisan ini? Saya rasa judul tulisan ini sudah sangat jelas: Damai dan Perbedaan itu Indah.

Di keluarga saya, hanya kurang seseorang yang beragama Hindu. FYI, Saya, James (anak saya), dan ibu saya beragama Katolik. Ayah, adik dan suaminya beragama Kristen. Kakak dan istri beserta anak-anaknya beragama Islam. Istri saya Buddha. 

Setiap Natal, kami semua berkumpul di rumah ayah-ibu untuk makan malam bersama dan saling bertukar kado, sebuah tradisi yang telah kami lakukan sejak saya masih bayi. Dan sejak kakak saya menikah, setiap Lebaran, kami semua berkumpul di rumah mertua-nya kakak saya di Cibubur untuk berkumpul bersama keluarga besarnya yang semuanya merayakan Idul Fitri. Dua hari raya yang seluruh keluarga besar kami selalu nantikan. 

Well,.. sejujurnya saya sedih ketika menonton di TV adanya kerusuhan yang diakibatkan karena Agama. Hidup rukun, saling menghargai dan menghormati perbedaan itu ngga susah. Keluarga saya telah buktikan itu. Saya pun telah buktikan itu di dalam keseharian saya. Di YOUNG ON TOP Mentorship Program pun demikian.. saya tidak pernah dan tidak akan pernah menanyakan apa agama mereka yang ingin bergabung, karena bagi kami para Mentor, kami siap #LearnAndShare bersama anak-anak muda Indonesia yang peduli dengan dirinya dan orang lain, serta ingin selalu belajar dan berbagi.

Paus Francis lewat surat resminya telah mengucapkan Selamat Idul Fitri tahun ini dan berdoa demi kedamaian umat Kristiani dan Muslim di seluruh dunia. Beliau berpendapat, pendidikan adalah kuncinya. Doa saya, karena kita adalah anak-anak muda Indonesia yang berpendidikan, semoga kita bisa lebih mengerti bahwa perbedaan itu akan selalu ada.. dan bisa lebih menyadari bahwa damai itu indah.

Sekali lagi, Selamat Lebaran ya! Saya sudah harus bersiap-siap untuk bersilahturahmi ke rumah mertua kakak saya di Cibubur untuk kumpul bersama puluhan keluarga besar kami. :)

God bless!

BB

  




By : Billy Boen

Posted on August 08, 2013 read:2,600

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter