Dilema Antara Kuliah dan Organisasi

Setiap individu memiliki kepentingan masing-masing dan tujuan hidup yang berbeda satu sama lain. Ada kepentingan yang didasarkan pada rasa ketertarikan dan ada juga kepentingan yang timbul karena sebuah keharusan. Begitu pula dengan tujuan hidup, ada sebagian orang yang sudah membulatkan tekad untuk suatu pencapaian hidup, namun ada pula sebagian lainnya yang masih meraba-raba akan hendak ke mana.

Para tetua bilang, nikmati masa muda sebelum masa tua datang. Manfaatkan masa muda untuk mencari jati diri dan menentukan tujuan hidup sebelum senja itu tiba. Terlebih bagi sebagian orang yang masih belum tentu arah dan tujuan hidup secara spesifik, masa muda adalah waktu yang tepat untuk “mencari” dan memuaskan keingintahuan tentang dunia.

Mahasiswa, termasuk ke dalam kategori anak muda yang tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkan masa-masa kuliah sebagai momen pencarian jati diri dan pengembangan kemampuan diri. Masa kuliah merupakan masa-masa bebas, tidak terikat banyak peraturan seperti masa SMA. Mahasiswa diberi kebebasan dalam memilih “mau seperti apa kamu”. Ada yang jadi “kura-kura” (kuliah-rapat – kuliah-rapat), “kuda-kuda” (kuliah-dagang – kuliah-dagang), “kunang-kunang” (kuliah-nangkring – kuliah-nangkring), atau bahkan “kupu-kupu” (kuliah-pulang – kuliah pulang). It’s up to you.

Bisa dilihat di berbagai kampus, ada begitu banyak wadah perkumpulan mahasiswa yang siap menampung dan mengembangkan minta serta bakat mahasiswa sesuai dengan passion mereka masing-masing. Salah satunya adalah berorganisasi baik organisasi intra kampus maupun inter kampus. Ketika berorganisasi, masing-masing anggota di dalamnya menjalankan peran dan mengemban tanggung jawab tertentu. Peran serta tanggung jawab ini membuahkan tugas-tugas yang tidak kalah banyaknya dibandingkan dengan tugas kuliah. Tidak jarang, jadwal di antara keduanya saling bertabrakan satu sama lain. Di sini lah terjadi benturan kepentingan. Dilematis, seorang mahasiswa terjebak dalam pilihan antara tanggung jawab sebagai pelajar yang harus mengabdi pada orang tua dengan tanggung jawab sebagai anggota organisasi yang harus mengabdi pada khalayak. Sama-sama penting dan jika ditarik jauh ke depan maka ditemukan sebuah kesamaan yaitu demi masa depan. Menarik! Suatu keadaan di mana seorang mahasiswa mengikuti proses belajar-mengajar di kampus dengan mengemban tanggung jawab dan rasa hormat pada orang tua dan keluarga, dengan segudang harapan yang tersandang di bahunya ketika melangkah pergi dari halaman rumah untuk menjadi seorang sarjana sukses ber-IPK tinggi dan “berposisi” mapan. Namun, di sisi lain keadaannya adalah ruang kelas tidak memberikan cukup ilmu untuk pengetahuan-pengetahuan abstrak di luar sana yang hanya bisa dimengerti oleh orang-orang dengan tingkat sosialisasi yang tinggi dan jaringan yang luas. Lalu organisasi datang menawarkan segudang tawaran menarik dan menjanjikan keseruan yang tidak akan ditemukan dengan cara duduk manis di dalam kelas. Paradigma-paradigma baru mengatakan bahwa “IPK saja tidaklah cukup” jika tidak “kenal siapa-siapa”. Namun, di sisi lain IPK adalah gerbang awal menuju kesuksesan karena dari sana terlihat hitam di atas putih tingkat intelegency dan bukti kesungguhan seorang mahasiswa di bidang akademik. Dari paparan ini bisa terlihat jelas tarik-menarik antara ruang kelas dan ruang berserikat di dalam organisasi/komunitas.

Kembali lagi kepada pembahasan di awal yang menyatakan bahwa masing-masing individu memiliki kepentingan dan tujuan hidup yang berbeda-beda. Tentu, individu-individu tersebut sudah menentukan skala prioritas bagi hidupnya. Kuncinya adalah manajemen waktu serta komitmen yang tinggi dalam menjalani berbagai peran. Apapun pilihannya, pastikan bahwa hal tersebut sudah dipikirkan secara matang dan siap untuk menerima segala konsekuensi yang mungkin akan terjadi.

 

 

Posted by Mory Wulandari

19 September 2015. 12:30 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on September 19, 2015 read:125

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter