Ditolak? Terima aja!

Assalamu ‘Alaykum, YOTers, pernah ditolak saat apply untuk organisasi, magang, kerja, atau bahkan untuk jadi volunteer? Apa yang kamu lakukan saat ditolak? Galau? Kalau YOTers, pasti nggak akan galau kan yaah?

“Ditolak itu, bikin cerita suatu film lebih menarik, dan saat kamu ditolak, yakin aja kalau itu jalan yang sudah ditentuin Tuhan, and let’s say mereka yang rugi karena nggak nerima saya!” kata Mas Ricky Setiawan saat mentoring kemarin. YOTers, kalau kita memang punya kualitas, nggak usah takut! Keep doing the best! dan buktikan kalau kita bisa. Jangan berhenti! Kita harus jadi yang berharga dan dikenal. Berharga karena  punya kualitas dan dikenal karena punya networking yang baik. How to get it? Be Different and Proactive!

Dalam satu kali Open Recruitment, apalagi kerja, bayangin berapa CV yang harus dibaca HRD perusahaan? Yang pastinya banyak lah yah! Be Different! Dari share Mas Ricky yang saya tangkap, misalkan lewat CV, lembar CV maksimal 3, karena kalau udah 4, siapa pun akan malas baca. Jangan terlalu kaku, pakai warna yang menarik dan tetap formal, absolutely jangan yang alay! Sesuaikan CV dengan perusahaan yang akan ditempati apply dan divisi apa yang diincar. Format story telling singkat juga lebih menarik! Pokoknya Extra Mile, kalau perlu, buat CV dalam video! Be Creative and don’t stop explore!

Trus, networking, kenal lebih banyak orang juga akan sangat membantu, bukan untuk Nepotism, tapi supaya kita bisa punya lebih banyak rekomendasi dan informasi yang akurat yang bisa ngebantu untuk sampai pada tujuan dengan lebih cepat dan efektif. Selamat mencoba YOTers! Sukses selalu buat kita semua. Aamiin.

Cheers,

Ana Ainul Syamsi S. – YOT CA Universitas Bakrie - @ainulsyamsiana

 

  




By : Ana Ainul

Posted on March 03, 2014 read:253

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter