Do the Least You Can Do

“When fixing problems, always do the least you can do”
-
Steve Krug

Halo YOTers!

Quote di atas lumayan menginspirasi saya beberapa pekan belakangan, dalam mengerjakan berbagai hal sehari-hari. Yah, terutama dalam skripsian, sih. Hehe.

Lakukanlah hal terkecil yang bisa kita lakukan. Pesannya sesimpel itu. Kita punya masalah yang harus diselesaikan, instead of ngeluh, sedih, gundah, galau, dan sebagainya, lebih baik kita cari tahu hal kecil yang bisa kita lakukan.

--- Satu langkah kecil adalah awal dari ratusan langkah besar yang akan kita raih.

Memang masalah selalu terlihat tidak menyenangkan, dan rasanya sulit dihadapi. Kadang hal yang membuat itu terlihat demikian adalah karena kita merasa tidak tahu solusi yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikannya. Padahal loh ya, kalau kita ambil waktu sedikit untuk melakukan hal kecil, misalnya berpikir, tanya teman, berguru ke seseorang, atau sesimpel googling di smartphone kesayangan, kita akan menemukan secercah cahaya (cieh!) buat menyelesaikan masalah kita. Akan ada “Oh! Moments” yang bakal kita temui untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Di satu titik, kita pun akan menemukan pola yang tepat untuk menyelesaikan masalah kita.

Kalau saya sekarang, “masalah” terbesar yang sedang dihadapi adalah skripsi. “Masalah” loh ya, pake tanda kutip, hehe. Sebelum mulai mengerjaan skripsi, sejujurnya saya takut karena saya melihat skripsi itu adalah hal besar yang sulit dikerjakan, walaupun saya menyukai materinya. Tetapi semester ini, sedikit demi sedikit saya lalui, sekedar menulis beberapa baris program sehari, atau bahkan hanya corat-coret di atas kertas (saya anak matematika yang skripsinya tentang implementasi program computer), solusi-solusi baru pun bisa saya temukan.

Sekarang kamu punya “masalah” apa yang harus diselesaikan? Skripsi juga? Tugas organisasi, kepanitiaan, atau magang? Target bulanan? Apapun itu, yuk sehabis membaca tulisan ini, ambil waktu sejenak untuk…

Do the least you can do!

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on December 08, 2015 read:113

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter