Efek Pertanyaan dan Perilaku

Tidak terasa, sekarang kita hampir di penghujung bulan Januari 2016 YOTers! Tahun baru sudah lewat, behavior masih sama-sama saja? Ingin berubah tetapi enggan karena menganggap perubahan itu susah dan harus mengumpulkan niat, lalu bagaimana jika ingin meraih perubahan yang long-lasting untuk memenuhi resolusi di tahun 2016? Tulisan ini merupakan tamparan untuk diri Saya sendiri.

 

Yes, behavior change can be hard. Perubahan perilaku memang kompleks, tidak semudah dan sesimpel yang dibayangkan. Bahkan terkadang dapat timbul pertanyaan seperti, apa yang sebenarnya memotivasi seseorang untuk melakukan perubahan jangka panjang? Jawabannya sangat sederhana yaitu mengajukan pertanyaan yang tepat! Pertanyaan yang tepat bagi diri kita dapat menimbulkan efek pertanyaan dan perilaku (The Question-Behavior Effect)! Dengan mengajukan pertanyaan, seseorang dapat mempercepat kesiapannya untuk menjalani perubahan yang konsisten secara efektif.

 

Daripada stress atau lelah terus-menerus memberitahu diri sendiri untuk berubah, sebaiknya mulailah bertanya pada diri sendiri untuk menyadarkan akan hal yang penting dan yang ingin dicapai, serta bayangkan ketidaknyamanan yang nantinya akan dirasakan sebagai konsekuensi apabila tidak dilakukan perubahan. Ketidaknyamanan tersebut selanujutnya berperan dalam memotivasi orang untuk berubah. Ketika seorang individu tidak menunjukkan perilaku yang sehat, pertanyaan berfungsi sebagai pengingat dari pilihan dari perilaku yang diambil.  

 

Pertanyaan dapat memaksa orang untuk memilih “Ya” atau “Tidak”. Ketika diri YOTers yang ideal tidak cocok dengan diri YOTers yang sesungguhnya dan seseorang bertanya mengenai perilaku yang YOTers ambil, pertanyaan tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Sebagai respon yang manusiawi untuk meringankan ketidaknyamanan, maka orang cenderung untuk mengatakan “Ya". Dari konfrontasi lembut tersebut, perubahan menjadi lancar karena seseorang terdorong untuk mempertimbangkan nilai-nilai mereka sehingga pernyataan "Ya" nantinya dapat merealisasikan perubahan.

  




By : Levina Caroline

Posted on January 22, 2016 read:60

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter