Facebook VS Google+

Seiring pesatnya perkembangan dunia digital, semakin menjamur pula kehadiran media-media sosial. Platform media sosial ini memfasilitasi pengguna untuk beraktivitas dan melakukan percakapan di dunia maya. Masing-masing media sosial tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa platform yang memiliki kemiripan dari segi konten maupun pemanfaatannya. Salah satunya adalah Facebook dengan Gogle+ yang dinilai memiliki tingkat kemiripan yang cukup tinggi. Karena adanya kemiripan tersebut, maka kedua platform ini sering digadang-gadangkan merupakan pesaing kuat. Apa saja bedanya? Platform mana yang lebih unggul? Berikut jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut:

1.      G+ lebih banyak digunakan untuk sharing knowledge, FB lebih banyak digunakan untuk terhubung dengan teman/saudara, lebih personal

  1. G+ menduduki peringkat 2 dari jumlah user secara global, 1,05 milliar. FB masih pemegang social media dengan user terbanyak secara global, 1,15 miliar.
  2. G+ digunakan rata-rata 350 juta user/hari, sementara FB digunakan rata-rata 665 juta user/hari.
  3. Pengguna G+ 71% adalah laki-laki, 56%-nya ada di kisaran usia 45-55 tahun. Sedangkan user profile FB lebih muda, dimana 57% adalah perempuan, dan 30% ada di usia 25-34 tahun.
  4. G+ punya fitur circles (lingkaran teman-kolega-luar), dapat meningkatkan taraf searchability kita di search engine optimization (SEO - google search), dan juga hang out (live chat-live video chat)
  5. FB sudah kuat di fitur mobile dan gaming.

Sekian beberapa poin yang menjelaskan perbedaan antara facebook dengan google+ beserta keunggulanya masing-masing. Semoga semakin membuka wawasan kita terhadap dunia digital dan bijak dalam menggunakannya.

 

Sumber: materi perkuliahan Pemasaran Digital

16:15 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on October 24, 2015 read:160

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter