Fakta Unik Seputar Senyum

 

“Senyum merupakan sebagian dari iman”, begitu pepatah mengatakan. Senyuman menandakan keramahan dan kehangatan dari sang pemilik kepada orang yang dijumpai. Dengan tersenyum, kita dapat meningkatkan rasa bahagia dan senyum juga bermanfaat bagi kesehatan, benarkah? Daripada menerka-nerka, yuk simak beberapa fakta unik seputar senyuman berikut!

1.      Senyuman dapat memperpanjang usia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 terhadap 150 pemain Major League Baseball menggunakan foto mereka menunjukkan bahwa mereka yang memiliki senyum asli dan berseri memiliki hidup rata-rata 80 tahun. Sedangkan mereka yang setengah tersenyum hidup sekitar usia 75 tahun dan mereka yang tidak tersenyum sama sekali hidup sekitar usia 72 tahun. Hal ini menandakan bahwa senyuman mampu menunjukkan bagaimana mereka menjalani hidup, bukan memperpanjang hidup.

 

2.      1 senyuman = 2000 batang coklat

Stimulasi otak dapat dirangsang dengan mengonsumsi makanan yang manis-manis seperti coklat. Namun, senyum dapat meningkatkan stimulasi otak lebih baik dari pada makanan manis. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa satu senyuman dapat meningkatkan stimulasi otak sama dengan ketika seseorang mengonsumsi 2000 batang coklat.

 

3.      Anak kecil lebih banyak tersenyum

Dari hasil penelitian TED ditemukan bahwa anak-anak tersenyum 400 kali lebih banyak daripada orang dewasa yang hanya tersenyum sebanyak 20 kali dalam sehari. Bahkan ketika di dalam kandungan pun anak bayi sudah bisa tersenyum. Hal ini bisa dibuktikan melalui 3D USG.

 

4.      Senyuman dapat melepaskan endorfin

Endorfin yaitu sebuah hormon yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Menurut sebuah hasil penelitian, hormon ini dapat diproduksi oleh tubuh ketika seseorang sedang tersenyum. Jadi, senyuman dapat membuat seseorang merasa lebih baik dan sebagai obat alami.

            Itulah beberapa fakta mengenai senyuman. Masih ada banyak lagi fakta-fakta menarik seputar senyum yang belum dibahas pada artikel ini. Jangan lupa tersenyum, jangan lupa bahagia, YOTers! :)

 

Sumber: ciricara.com

11 Desember 2015. 12:50 WIB

  




By : Mory Wulandari

Posted on December 11, 2015 read:144

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter