Find Your Mentor!

Halo YOTers! Bagaimana kabarnya? Semoga masih dalam keadaan sehat selalu ya :)

Belum lama ini, pada monthly meeting pertama YOTCA Batch 6, para mentor diperkenalkan dan memberikan pesan sambutan mereka untuk para YOTCA Batch 6. Salah satu pesan yang saya tangkap adalah bagaimana mentorship program untuk Campus Ambassadors (CAs) di Young On Top dapat membawa banyak benefit bagi CAs dalam hal pengembangan diri.

Di notes pertama saya untuk Young On Top, saya ingin membahas pentingnya untuk memiliki mentor yang tepat guna menunjang perkembangan diri kita. Saya tertarik untuk mengambil contoh dari dunia sepakbola. José Mourinho, manajer berkebangsaan Portugal yang kini menangani Chelsea merupakan contoh yang saya anggap paling pas dalam keberhasilan menemukan mentor.

Meskipun tidak memiliki pengalaman bermain sebagai pesepakbola profesional, Mourinho tetap mampu sukses berkat kemauan keras untuk terus mendalami ilmu-ilmu sepakbola, dan finding the right mentor. Sang mentor pun ia temukan, yaitu Sir Bobby Robson, manajer legendaris asal Inggris.

YOTers tau nggak? Bahwa pada awalnya Mourinho bekerja untuk Sir Bobby Robson bukan sebagai asisten manajer ataupun masuk jajaran kepelatihan. Namun, ia awalnya menjadi penerjemah pribadi Sir Bobby Robson di klub Sporting CP. Meskipun demikian, Mourinho tetap belajar banyak dari Sir Bobby Robson, menjadikan Sir Bobby sebagai mentornya.

Hasilnya? Mourinho pun starting on his own, memberanikan diri untuk menjadi manajer di klub-klub lain. Ia berhasil menjadi sosok manajer yang sukses, dengan meraih berbagai gelar juara bersama klub yang diasuhnya. Mulai dari gelar liga dan piala domestik, hingga gelar juara tingkat Eropa mampu diraihnya. Semua itu tentu tak lepas dari sosok Sir Bobby Robson yang memberikan ilmu-ilmunya kepada Mourinho, menjadi mentor yang menunjang peningkatan kualitas dirinya.

YOTers,kita butuh menemukan mentor yang tepat bagi hidup kita. Banyak cara untuk menemukan mentor bagi kita, misalnya dengan mulai aktif dalam organisasi-organisasi kepemudaan, dan mencari sosok yang sesuai dengan minat dan bakat yang hendak kita kembangkan. Adapun mencari mentor juga bisa dari lingkup kampus seperti senior kampus yang sudah banyak pengalaman, ataupun sanak saudara kita yang telah terlebih dahulu sukses. Orang tua YOTers pun juga dapat menjadi Mentor yang baik, terlebih karena beliau memiliki ikatan emosional yang kuat dengan kita, dan mampu menjadi panutan kita dalam menghadapi kehidupan. Dengan menemukan serta belajar dari mentor yang tepat, kita dapat merubah diri menjadi pribadi yg lebih baik, sehingga pada akhirnya dapat mengantarkan kita kepada kesuksesan di usia muda.
 

See You On Top!

 

Agung Tyanto

Young On Top Campus Ambassador Batch 6

Universitas Indonesia

@aryhr

  




By : Ibnu Putrama Agung Tyanto

Posted on August 22, 2015 read:93

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter