Finish What You Started

“Semua yang bermula, pasti ada akhirnya”. Kira-kira begitu bunyi pepatah yang pernah aku dengar entah kapan. Nah, kali ini aku bakal share opini aku mengenai judul dari tulisan ini berdasarkan apa yang aku tahu dan pelajari dari lahir hingga saat ini. Let’s get started!

Seringkali kita merasa sudah cukup puas kalau sudah berhasil dan berani memulai sesuatu. Itu sangatlah wajar dan dapat dimengerti. Tapi YOTers tahu kan, kalau dimulai saja itu belum cukup. Langkah yang paling pentng setelah melewati garis start adalah mencapai finish. Dan untuk mencapai finish itu, seringkali tidak mudah dan tidak sedikit yang memilih untuk menyerah saja. Nah, biar YOTers paham mengenai pentingnya untuk mencapai garis finish, aku bakal kasih tahu poin-poin yang bakal YOTers dapatkan ketika berhasil mencapai garis finish.

1.    Learn from the process

Ketika YOTers sudah meninggalkan garis start, perjalanan baru telah dimulai. Ada banyak hal yang akan YOTers temukan dari hal-hal baru yang menarik dan menyenangkan da nada juga hal-hal yang akan membawa YOTers ke  dalam posisi yang tidak mengenakkan. Disitulah YOTers akan banyak belajar dari proses yang kalian lalui. Kalian akan banyak belajar dari masalah-masalah yang kalian temui sleama berproses dan bagaiman cara mencari solusi dari masalah-masalah yang kalian temui itu. Overall, perjalanan YOTers mencapai garis finish adalah proses pendewasaan dari segi mental dan intelektual yang sangat berharga dan tentunya bermanfaat bagi YOTers untuk mencapai kesuksesan kelak.

2.    Expand your networking

Sesudah start sesuatu yang baru, akan ada banyak pengalaman yang akan YOTers dapatkan. YOTers juga tentunya akan mendapatkan teman baru, kenalan baru, yang akan memperluas networking YOTers kedepannya, dan tentunya juga akan bermanfaat untuk membantu kalian mencapai kesuksesan di masa depan. Dengan networking yang semakin luas, banyak kesempatan-kesempatan baru yang akan menghampiri YOTers untuk mengembangkan diri kea rah yang lebih baik lagi.

3.    A winner to yourself

Mencapai finish bukanlah hal yang mudah, tidak sedikit yang bahkan menyerah di tengah jalan. Analogi yang paling tepat menurut saya untuk menggambarkan perjalanan panjang yang telah kalian lakukan adalah lari marathon. Bayangkan sebelumnya YOTers adalah orang yang sama sekali belum pernah merasakan lari marathon dan kemudian memutuskan untuk ikut lari marathon. Kemudian ketika YOTers meninggalkan garis start, selama perjalanan kalian akan melihat pelari-pelari lain memutuskan untuk tidak melanjutkan lari dengan berbagai alasan yang mereka miliki. Perlahan kalian juga akan mencari-cari alasan yang terbaik untuk ikut berhenti berlari. Di saat seperti ini, carilah 1 alasan yang kuat bagi kalian untuk tetap melanjutkan berlari se-simple pepatah ini, “Ketika kalian berfikir untuk berhenti dan menyerah, pikirkan kembali kenapa kalian memulainya”. Pada akhirnya, kalian berhasil mencapai garis finish dengan kekuatan kalian sendiri dan yakinlah bahwa kalian adalah pemenang saat garis finish telah dilewati. Mengapa? Karena kalian terlah berhasil, telah sukses melakukan apa yang sebelumnya sama sekali belum pernah kalian lakukan. A true winner for yourself indeed.

Nah, kira-kira begitu YOTers opini yang bisa aku share kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang galau-galunya dan hamper saja menyerah dan siapa tahu, tulisan ini bisa kalian jadikan alasan untuk kalian bangkit kembali dan menggapai garis finish.

Good luck!

See

See you on TOP!

 

Gibran Qadaranta – Universitas Negeri Jakarta - @gibqar

 

  




By : Gibran Qadaranta

Posted on December 12, 2015 read:111

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter