Gagal Magang

Halo YOTers!

Dalam tulisan ini saya ingin sedikit bercerita tentang kegagalan saya beberapa waktu yang lalu, ketika melamar untuk magang di perusahaan impian saya.

Buka Magang

Jadi, sejak awal tahun, salah satu perusahaan impian saya sejak sekolah sudah gencar melakukan promosi bahwa akan dibuka program magang untuk tengah tahun ini. Saya sangat senang, karena kesempatan ini tentu tidak mau saya lewatkan, mengingat ini adalah tahun terakhir saya jadi mahasiswa. Saya pun terus memantau informasi tentang itu, dari berbagai media, sampai akhirnya pendaftaran dibuka.

Persiapan

Memang saya sempat berkali-kali menunda untuk mengerjakan keperluan aplikasi magang tersebut, namun akhirnya di pekan-pekan terakhir tenggat waktu pendaftaran saya pun mulai mencoba melakukan yang terbaik untuk membuat aplikasi yang terbaik juga. Saya melakukan berbagai riset tentang perusahaan itu, terutama tentang kelebihan, kekurangan, produk, dan perjalannya, yang memang sudah saya ikuti beberapa tahun terakhir. Saya juga melakukan riset kembali tentang membuat CV/Resume, Cover Letter, dan segala keperluan lainnya. Semua itu membuat saya semakin matang dalam mengerjakan persiapan saya.

Setelah terus bersiap sambil memastikan agenda di tengah tahun dan meyakinkan diri, di hari terakhir pun saya submit aplikasi saya dengan yakin dan percaya diri, sambil berdoa aplikasi saya akan diterima dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula. Setelah itu pun saya tinggal menunggu……

Seminggu berlalu, tidak kunjung ada email balasan dari perusahaan itu. Padahal kata mentor saya biasanya prosesnya cepat. Bahkan saya sudah sempat membuat janji untuk latihan wawancara dengannya, dan kembali melakukan riset, kali ini tentang wawancara di perusahaan-perusahaan besar. Disitu saya banyak sekali belajar dan melatih diri.

Akhirnya…

Sampai akhirnya, di h+8, saya sedang membuka email via PC, dan mengecek folder-folder saya. Saya kaget, folder junk saya banyak email, padahal setiap mengecek di HP tidak ada yang masuk. Saya pun melihat satu per satu, dan ternyata ada email balasan tertanggal hanya sehari setelah saya submit aplikasi saya, yang menyatakan saya lolos ke tahap berikutnya, dan harus mengerjakan tugas yang tenggat waktunya sudah lewat. Disitu saya sangat panik, langsung mengerjakan tugasnya dan mengirimkan email kepada pihak rekrutmen, memberitahukan masalah saya. Ternyata tidak ada balasan apapun sampai sekarang. Saya pun memupuskan harapan berkembang di sana tengah tahun ini.

YOTers, sekalian curhat gapapa ya hehe. Tapi sejujurnya banyak sekali pengalaman yang saya dapat dalam proses ini. Dari risetnya, persiapan dan pembuatan aplikasinya, ketelitian mengecek email, dll. Semoga ini membuat saya lebih siap untuk kesempatan selanjutnya, dan saya berharap silver lining dari-Nya segera saya sadari. Hehe.

Semoga bermanfaat, YOTers!
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on March 20, 2015 read:121

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter