Garis Hitam Pada Kertas Putih

Garis adalah sebuah bentuk yang terjadi apabila sekumpulan titik berkumpul menjadi satu. Kira-kira itulah makna garis dalam segi seni rupa. Pada tulisan kali ini gue ga  akan bahas literally garis. Tetapi, makna dari garis ini adalah sesuatu yang kita perbuat, lebih spesifik lagi garis hitam yang bermakna kesalahan. Pernah gak sih lo liat kertas putih, anggaplah kertas HVS polos yag tiba-tiba tanpa sengaja tercoreng oleh sebuah garis? Gimana perasaan lo setelah liat hal tersebut? Pasti ada sesuatu yang janggal bukan? Seperti itulah hidup.

                Seringkali kita menginginkan kesempurnaan dalam hidup, bisa dibilang ekspektasi yang kadang terlalu berlebihan. Kehidupan yang indah dan penuh kesempurnaan memanglah sebuah idaman. Namun, dibalik itu semua ada sebuah realita yang tak dapat terelakkan yang bernama kesalahan. Disini gue gambarkan kesalahan sebagai garis hitam, dan kertas putih adalah kebaikan yang pernah dibuat. Ketika melihat pada kertas putih yang ternoda oleh garis, kita cenderung untuk fokus pada garis hitam tersebut. Padahal, jika kita bisa melihat lebih luas, warna putih masih menjadi dominan pada kertas tersebut.

                Ketika melihat kesalahan seseorang janganlah lupa untuk mengingat kebaikannya. Karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Hal tersebut bisa jadi juga karena sudut pandang kita yang berbeda, yang melihat hal tersebut sebagai sebuah kesalahan, padahal menurut orang lain bukan. Begitu pula dalam melihat kebaikan. Ketika membenci orang lain, bencilah perilakunya, jangan benci orangnya, karena perilaku orang tidak selalu sempurna. Sebaliknya, ketika mencintai seseorang, cintailah orang tersebut pada entitasnya sebagai manusia, bukan karena perilakunya, supaya tidak kecewa.

                

  




By : Galih Sang Surya Buana

Posted on December 09, 2015 read:115

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter