Give (them) SPACE!

Dear YOTers,

Kali ini saya ingin sharing tentang permasalahan tentang angkatan di kampus saya. Mungkin hal ini bisa menjadi inspirasi dan masukan serta pelajaran yang berharga.

Sebagai sekolah kedinasan, tidak setiap tahun kampus ini buka pendaftaran mahasiswa baru. Karena permintaan kementerian pada waktu itu, tahun 2011 & 2012 tidak diadakan penerimaan mahasiswa baru. Barulah di tahun 2013 kampus ini menerima mahasiswa baru dengan jumlah yang berkali lipat lebih banyak daripada biasanya. Jika bisanya hanya sekitar ratusan mahasiswa atau paling banyak seribu sekian, tahun 2013 menerima hampir 5ribu mahasiswa.

Saya masuk di kampus ini sebagai angkatan 2013. Karena disini hanya ada D1 dan D3, otomatis kakak kelas terdekat angkatan saya adalah angkatan 2010 yang notabene lulus di tahun 2013. Sehingga ada kekosongan range kakak kelas kami.

Kami tidak ada panutan, kami tidak tau prosedur dan standar yang dulu seperti apa, kebiasaannya dll. Otomatis kebiasaan baru dan budaya baru pun muncul di angkatan kami.

Memasuki 2014 dan 2015, kampus kami menerima pendaftaran mahasiswa baru. Mungkin karena keadaan yang seperti itu, angkatan kami (2013) menjadi sangat dominan hampir disetiap sektor kegiatan kampus. Sehingga terkesan tidak ada space untuk mahasiswa angkatan 2014 khususnya mengambil peran penting.

Menginjak tahun berikutnya saat angkatan saya memasuki tahun terakhir dan angkatan 2014 memasuki tingkat 2 yang terkenal sebagai angkatan cuci gudang (karena menurut sejarah. tingkat 2 adalah tingkat DO terbanyak) yang pada tingkat ini angkatan saya terDrop Out 21 orang, keadaan semakin memburuk.

Adek tingkat sama sekali kurang dari 10% yang berpartisipasi di berbagai acara kampus. Dan sangat apatis.

Pelajaran yang berharga bagi saya dan angkatan saya bahwa kaderisasi dan regenerasi itu sangat sangat penting.

Give THEM SPACE. Beri mereka kesempatan!

Semoga teman-teman dapat mengambil hikmah dari kisah tersebut.

 

by :

Lisa Amalia AR
YOTCA PKN STAN
12.23

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on October 24, 2015 read:72

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter