Giving Trust : A Story of Paul Pogba

Hallo, YOTers!

Memasuki bulan kedua saya berbagi tentang inspirasi yang saya dapat dari klub sepakbola favorit saya : Juventus FC. Kali ini saya akan share tentang inspirasi yang bisa kita petik dari cerita Paul Pogba, gelandang muda bertalenta yang merupakan andalan lini tengah Juventus saat ini. Bulan ini dia mendapat predikat “Best Player of the Month” atas kontribusinya yang sangat besar bagi tim.

Young Pogba at Manchester United

Pogba datang ke akademi Manchester United pada tahun 2009 setelah meninggalkan klub professional pertamanya, Le Havre. Dia mendapat kesempatan untuk jadi bagian dari tim utama pada tahun 2011, namun tidak cukup banyak mendapatkan kesempatan bermain dan mengambangkan bakatnya. Pogba pun kecewa di tahun terakhir kontraknya bersama MU.

Free Transfer to Juventus

Tahun 2012, Pogba memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama MU, dan memilih untuk pindah ke Juventus. Juventus tidak mengeluarkan biaya transfer karena Pogba pindah saat kontraknya bersama MU telah habis. Kepindahan ini kelak menjadi salah satu transfer terbaik yang dilakukan Juventus, karena nilai Pogba naik dengan sangat cepat, seiring dengan perkembangannya menjadi pemain yang sangat berkualitas di usia muda.

Transforming to be a Key Player, by Trust

Pogba meraih tempatnya di tim utama dengan satu hal utama : kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh pelatih. Seringnya Pogba dimainkan di berbagai pertandingan, pemberian arahan dan motivasi, serta apresiasi dan peringatan yang diberikan kepadanya, membuatnya terus berkembang pesat, hingga berbagai prestasi pun diraihnya dalam usia yang sangat muda. Memang banyak kesalahan yang dilakukannya, disebabkan kematangan emosi, atau kurangnya pengalaman. Namun segala kepercayaan yang diberikan membuatnya mampu melalui semua itu, tentu dengan determinasinya yang tinggi juga.

YOTers, apa yang dilakukan Antonio Conte, pelatih Juventus saat itu, adalah salah satu contoh hal terbaik yang bisa dilakukan seorang pelatih, yang bisa diterapkan oleh orang yang berada pada suatu posisi tinggi, seperti pemimpin suatu tim ataupun seorang mentor. Pogba merupakan seorang anak muda bertalenta, namun kalau ia tidak mendapatkan kepercayaan seperti yang dialaminya bersama MU, ia tidak akan berkembang menjadi pemain seperti sekarang.

Berkat semua itu, ia sekarang telah meraih berbagai penghargaan : FIFA U-20 World Cup Golden Ball (2013), European Golden Boy (2013), FIFA World Cup Best Young Player (2014), dll

YOTers, beberapa tips tentang bagaimana memberikan kepercayaan untuk perkembangan seseorang akan saya bahas di tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

 

My other #TOPNotes
Before : Talent is Overrated
After : Make Your Own Simple Project

  




By : Yuza Mulia

Posted on February 19, 2015 read:130

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter