Guide Book for to be Young Success People

Judul               : Young On Top New Edition
                          35 Kunci Sukses di Usia Muda

Penulis             : Billy Boen

Penerbit           : Bentang Pustaka

 

            Buku Young On Top New Edition ditulis oleh Billy Boen yang merupakan pengusaha muda lulusan MBA dari Amerika Serikat dan pernah menjadi General Manager Oakley Indonesia ketika usianya baru 26 tahun. Bermitra dengan Rudy Buntaram, Billy sekarang menjabat sebagai Chief Executive Officer PT Jakarta International Management dan PT YOT Nusantara.

            Buku Young On Top New Edition dibagi menjadi empat bagian. Masing-masing bagian memberikan tips-tips yang sangat jitu untuk sukses di usia muda. Baik di dalam dunia pekerjaan secara langsung maupun skill yang harus dimiliki di luar pekerjaan dan dalam pergaulan sehari-hari.

            Bagian pertama menjelaskan tentang tips-tips dasar yang harus dimiliki anak muda untuk sukses yaitu tentang sudut pandang, pola pikir dan kebiasaan yang harus ada dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian ini menjelaskan bagaimana kita harus Do What You Love & Love What You Do. Tentang gairah passion, peranannya dalam memberikan energy untuk tetap membarakan semangat pantang menyerah dalam meraih sukses karena You’ve got to do what you do well. Serta bagaimana kita harus mencintai pekerjaan atau kondisi kita saat ini. Kita harus mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, kita harus happy dengan hidup kita karena dengan kita happy maka akan lebih banyak hal energy-energi positif dalam diri kita dan memudahkan kita mencapai kesuksesan.

            Pada bagian pertama juga dijelaskan tentang betapa pentingnya hidup sehat karena sebagaimanapun cerdasnya kita, gigihnya kita, tetapi kondisi kita sakit maka hal tersebut akan menjadi sebuah problem yang menghambat langkah kita menuju sukses.

            Pola pikir anak muda yang sukses dijelaskan secara epic oleh Billy Boen. Tentang bagaimana kita harus selalu menjaga Integritas, Dream & Thinking Big, Confidence, Open Minded, Respect dan kebiasaan untuk selalu On Time. Integritas tidak dapat dipisahkan dengan kejujuran dan melalui kejujuranlah kita menjaga reputasi serta nama baik kita. Dream and Thinking Big menjelaskan tentang betapa pentingnya sebuah mimpi dan tujuan untuk memfokuskan kita dalam meraih impian. Kita nggak akan ke mana-mana jika kita tidak tahu mau kemana. Ketika kita sudah memiliki impian dan keinginan untuk mencapai impian tersebut tanpa disadari, hal yang kita lakukan akan selalu mengarah pada pencapaian impian itu.

            Punya impian besar itu harus dibarengi dengan kepercayaan diri yang tinggi. Dengan begitu, ketika kita berusaha semaksimal mungkin dan memiliki komitmen untuk meraihnya, kita akan berhasil. Seperti yang dikatakan D.A Benton bahwa “Orang lain punya alasan untuk percaya kepadamu apabila kamu benar-benar percaya terhadap diri sendiri”. Hal ini berkaitan pula dengan Respect. Respect is not demanded, respect is earned. Rasa hormat itu akan kita dapatkan secara otomatis, tanpa kita harus menuntutnya. Caranya adalah dengan menghormati orang lain, dengan membuat orang lain itu merasa penting dan dihargai maka orang tersebut akan memberikan rasa hormatnya pula pada kita. Selain itu,kita juga harus berjuang menyatakan pendapat kita supaya orang lain dapat “melihat” hal yang kita “lihat”. Namun jangan lupa untuk tetap bersikap open minded. Dengarlah pula segala ide, pandangan, juga kritikan yang diberikan kepada kita. Cobalah untuk menganalisis pendapat tersebut secara objektif.

            Hal yang terpenting juga adalah bagaimana kita harus membiasakan diri untuk sangat tepat waktu karena tepat waktu adalah salah satu bentuk hormat kita terhadap diri sendiri dan orang lain. Dalam buku ini, Billy Boen juga menjelaskan bagaimana kita memanage waktu dengan baik untuk segala aktifitas kita agar tepat waktu salah satu contohnya adalah dengan memperkirakan jarak tempuh dan kemacetan yang kemungkinan terjadi.

            Di penghujung bagian satu dijelaskan tentang bagaimana kita tidak boleh putus asa untuk meraih impian kita karena kita lah pilotnya, kita yang mengendalikan diri kita, bukan orang lain. Tidak ada jalanan yang sempurna. Tidak ada jalanan yang semulus sutra dan tanpa polisi tidur maupun lubang. Hal itu juga berlaku di jalan menuju kesuksesan. So, just perform! Lakukanlah semaksimal mungkin, keluarga seluruh kemampuan untuk meraih impian kita. Apapun tipe kita, tunjukkanlah hasil terbaik. Bekerjalah as smart dan as hard as possible. Kompetitor akan selalu ingin mengalahkanmu. Dengan cara apapun, mereka ingin menjadi nomor satu. Sehingga, keep be calm, be “smart”. Jangan langsung merespon apapun dengan emosi. Tenangkan diri, pikirkan baik-baik sebelum merespon sesuatu, tunjukkan kedewasaan dan “kecerdasan” anak muda dalam meraih impian.

            Pada Bagian Dua dijelaskan tentang hal-hal yang wajib dimiliki anak muda dalam dunia kerja. Speed & Automatic Progress Update Report (APUR) menjadi opening yang epic pada bagian kedua. Your speed is the one thing that will determine our position. Dalam subab ini diberikan tips-tips bagaimana cara kita untuk memanjemen tugas dan apa yang harus dilakukan dalam hubungan kita dengan atasan untuk selalu ada progress dan update report. Despite, kita harus menjadi seorang yang sanggup berorientasi kepada detail, kita harus tetap menyelesaikan tugas, secepat mungkin.

            D.A Benton pernah mengatakan bahwa “Berorientasi terhadap detail tidak berarti hanya peduli terhadap semua hal kecil. Kamu harus spesifik dan bertanggungjawab terhadap suatu hasil. Kecuali kamu benar-benar mendetail, hasilnya tidak akan seperti yang kamu inginkan.” So, Gunakanlah semua detail yang kita dapatkan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan. Jika kita tidak melakukan semua itu, kemungkinan besar kita kan melewati suatu detail penting yang ada. Dibalik itu, kita juga harus mampu melihat the big picture karena hal itu sangat dibutuhkan pada saat menciptakan konsep dan juga pada saat mencari solusi terhadap suatu permasalahan.

            Selanjutnya adalah tentang berpikir positif.Berpikir positif sangat penting karena kita kan bisa mendapatkan jalan keluar yang sebelumnya kita pikir mustahil untuk dicapai. Cara berpikir positif akan memperluas pikiran kita terutama pada saat menghadapi situasi-situasi sulit. Rhonda Byrne mengatakan bahwa pemikiran positif akan mendatangkan hal-hal positif dalam hidup.

            Kreatifitas juga dibutuhkan dalam setiap langkah kita. Dengan kreatifitas akan muncul ide-ide cemerlang, dengan berpikiran kreatif kita juga mampu bring solutions, not problem. Kita mampu memecahkan masalah-masalah kita secara mandiri dan tidak menggantungkan dan merepotkan orang lain. Namun jika ada hal yang kita bingungkan maka tidak ada salahnya untuk bertanya. Do not Assume. Bertanya lebih baik daripada menebak-nebak dan kita akan mendapat petunjuk, merupakan hal yang dikatakan D.A Benton.

            Selanjutnya adalah Learn from Mistake. Kesalahan ada untuk memberikan pengajaran kepada kita untuk menjadi lebih baik, mengevaluasi diri untuk mengupgrade kan diri kita menjadi luar biasa. Dengan hal ini pula, kita bisa learn tentang leadership dan fair serta objective dalam menilai serta menyelesaikan sesuatu. Hal ini akan mendewasakan kita dan mematangkan kita menuju kesuksesan.

Serta, make a lot of friends juga hal yang sangat penting sebab, dengan friendship kita juga akan mendapatkan kerabat baru serta jejaring baru yang akan semakin menguatkan kita. Dengan friendship kita juga dapat membuat sebuah tim yang konkrit dalam meraih impian kita. Dalam tim pula kita dapat menghargai pentingnya sebuah kerjasama dan ketangguhan melangkah bersama untuk bersama meraih sukses.

Pada bagian ketiga  dijelaskan pula tips-tips yang luar biasa yang dimiliki orang suskes yaitu tentang doing extra mile, powerful instinct, negotiation, memiliki rasa humor yang baik, keberanian untuk tidak bersembunyi, humble, keep searching, share and receive serta contructive critism.

            Orang sukses selalu melakukan lebih dari orang lain sehingga itu membuatnya lebih di depan dari orang lain, dengan instinct nya yang luar biasa orang sukses dapat menempatkan dirinya menjadi orang yang selalu terdepan. Kita juga harus belajar tentang negosiasi dan memiliki rasa humor yang baik, karena hal ini sangat penting untuk menjalin hubungan dengan relasi dan memperlebar networking.

            Sebagai seorang pemimpin maka kita tidak boleh bersembunyi begitu saja, kita harus berani menghadapi tantangan dan apapun permasalahannya. Tetap bersikap humble menjadi kuncinya untuk selalu sederhana tetapi tangguh.

            Orang sukses selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. So, keep searching dan do share and receive untuk memperkaya dirimu dalam hal skill dan ilmu untuk bekal memudahkan kita meraih sukses. Construtive critism keeps you on the ground and opens up your eyes and soul. Constructive critism berhubungan dengan sikap humble, kita harus tetap sederhana dan menempatkan kritik sebagai hal yang mengingatkan kita untuk selalu tidak sombong dan mengupgrade diri kita menjadi lebih baik.

            Pada bagian keempat ditutup dengan epic oleh Billy Boen dengan menjelaskan tentang Up to You, You Do it! Semua hal untuk meraih sukses sudah beliau paparkan dengan luarbiasa dan mudah dimengerti. Kunci akhirnya adalah diri kita sendiri. Apakah kita mau melakukannya atau tidak untuk meraih semua impian kita.

            Yang saya suka dari buku ini adalah tips-tips nya yang jitu dan luarbiasa serta style bahasa dan anak muda banget yang mudah saya mengerti. Banyak subab yang mengingatkan kembali saya tentang hal yang harusnya saya lakukan untuk memudahkan saya meraih sukses dengan do extra mile dan menjaga emosi untuk berpikir tenang memecahkan masalah. Tip-tips baru yang berguna juga saya dapatkan dari buku ini. Kuotes dan sumber-sumber buku yang diberikan sangat luarbiasa dan membuat saya juga tertarik untuk lebih semangat membawa diri saya meraih sukses.

            See you On Top! Wanita sukses masa depan! ^^

  




By : LISA AMALIA ARTISTRY RAMADHANI

Posted on March 21, 2014 read:214

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter