Hey Masalah Bertemanlah denganku

Tak ada bunga yang akan mekar tanpa mendapat guncangan
Semua bunga indah di dunia ini mekar karena mendapat guncangan
Saat sedang terguncang, batang bunga akan menjadi lurus
Tak ada cinta yang tak mendapat guncangan
Dimanakah adanya bunga yang akan mekar tanpa terkena hujan?
Semua bunga terindah di dunia ini, mekar setelah terkena hujan
Saat tertiup angin dan terkena hujan, kelopak bunga mekar dengan hangat
Dimanakah adanya kehidupan yang berjalan tanpa ada masalah?

Pernah punya masalah? Pasti pernah. Setiap manusia di belahan dunia ini pasti mempunyai masalah, suatu persoalan yang harus diselesaikan. Suatu persoalan yang terkadang membuat beberapa dari kita merasa kesal dengan masalah. Tidak punya masalah? Kehidupanmu tidak menyenangkan.

Terlepas dari punya atau pun tidak mempunyai masalah, itu kehidupan yang dijalani. Seseorang pernah berkata, “Kalian tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kehidupan ini. Hidup itu tentang menyelesaikan suatu masalah, dan berlanjut ke masalah lainnya.”

Masalah itu bagian dari kehidupan. Seperti kerikil-kerikil tajam, arus ombak yang besar di lautan. Kita harus memilih untuk menghadapi atau mengabaikannya dan berlari ke jalan lain tanpa adanya kerikil dan ombak besar. Tetapi, apakah ada jalan lurus tanpa dinding yang menghalangi?

Bagaimana perasaan kalian jikalau masalah datang, yang awalnya semua berjalan baik-baik saja tiba-tiba muncul? Seperti ombak besar, ia datang menyapa air laut yang tenang.

“Hei, apa kabar dengan kehidupanmu? Semua baik-baik saja bukan? Sudah lama aku tidak menyapa kehidupanmu. Aku datang untuk mencoret-coret kehidupanmu. Bagaimana? Apa kau akan menghapus coretanku atau menggantinya?” Kata masalah.

Dan ada pilihan yang dapat diambil karena masalah menghampirimu. Menghadapinya atau mengabaikannya? Pilihan yang dibuat mungkin akan menentukan kehidupanmu.

Saat masalah menghalangi langkahmu, sejenak kau akan bingung dan kesal. “Semuanya sudah kulakukan dengan baik selama ini. Tapi mengapa masalah datang? Untuk apa masalah itu datang? Untuk apa?”

Masalah tersenyum padamu. Menghalangi langkah kehidupanmu yang baik-baik saja dan mencoret-coretnya sambil berbisik, “Aku datang untuk memastikan seberapa besar kau serius dengan langkah-langkah yang kau pilih. Apa kau bisa menghadapiku?”

Hidup adalah sebuah pilihan. Satu, menghindar dari masalah dan memilih jalan yang lurus dan beresiko kehilangan langkah yang sudah dekat atau dua, menghadapi dan melewati kerikil-kerikil tajam yang mungkin akan menyakitkan. Tetapi, itulah kehidupan belajar, terluka dari masalah yang dihadapi. Masalah pasti mempunyai solusi. Solusi yang akan membantumu melewati masalah.

Apa yang sedang kau pikirkan? Apa yang akan kau katakan pada masalah? Apa kau akan mengatakan “Hey Masalah, bertemanlah denganku! Aku akan menghadapi dan melewatimu”

 Atau kau mempunyai pilihan yang lain? Pilihan ketiga?

 

Velin Natasha
Mahasiswi Sastra Inggris Universitas Gunadarma

Young On Top Depok

  




By : @YoungOnTopDepok

Posted on November 08, 2015 read:153

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter