How To Build An Effective Team

Teamwork bisa diartikan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya yakni untuk mencapai tujuan bersama.  

Filosofi Team Work “SAYA MENGERJAKAN APA YANG ANDA TIDAK BISA DAN ANDA MENGERJAKAN APA YANG SAYA TIDAK BISA”. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama. Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan

Berikut adalah lima tips yang mungkin bisa membantu kita dalam membangun team yang efektif.

Pertama, Share Values.

Dimaksudkan agar bukan hanya ada doktrin dalam suatu kelompok namun juga ada tempat berbagi, memiliki rasa satu sama lain. Meyakini bahwa “we can do it“ dan menyadari apa yang dilakukannya “bernilai” bagi dirinya dan kelompoknya.

Kedua, Team Competency.

Kompetensi atau kemampuan suatu tim dapat dilatih untuk meningkatkan kualitas dari tiap anggota agar tujuan bersama dapat tercapai. Pemimpin harus dapat memainkan perannya sebagai motivator agar bisa menyeimbangkan kekuatan anggota team.

Ketiga, Sinergi.

Merupakan bentuk kerjasama win-win yang dihasilkan melalui kolaborasi masing-masing pihak tanpa adanya perasaan kalah. Konsepnya yaitu berorientasi  pada hasil dan positif, perspektif beragam mengganti atau melengkapi paradigma, saling bekerjasama dan bertujuan sama, tiap bagian berfungsi optimal dan ingat  bahwa yang diinginkan adalah “SUPERTEAM” bukan sekedar “SUPERMAN atau SUPERWOMAN”

Keempat, Conflict management and communication.

Konflik yang tidak terseleaikan bisa menghancurkan tim. Tim yang efektif belajar untuk memberikan feedback yang konstruktif, tanpa adanya keinginan untuk balas menyerang sehingga perubahan positif bisa terjadi. Syarat komunikasi efektif yaitu clear, action dan respect .

Terakhir, Leadership.

Dalam suatu kelompok dibutuhkan jiwa pemimpin yang dapat menunjukkan arah keteladanan atau integritas, menggerakkan kemampuan orang-orang dan membangkitkan kemampuan. Apabila sedang berbicara dengan anggota team gunakanlah kata “kita” agar semua anggota dalam team dapat merasa bahwa sekecil apapun perannya dalam team sangatlah berarti. Tugas pemimpin dalam tim adalah membangun tim yang bisa CARE, COOPERATED, COMMITED.

Semoga bermanfaat YOTers, SEE YOU ON TOP !

 

 

Regards,

Devina Wulandari

  




By : Devina Wulandari

Posted on August 08, 2015 read:291

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter