How to Make Good Paper

How to Make Good Paper

 

            Halo yoters. Apa kabar? Kali ini gue akan sharing sedikit mengenai “How to Make Good Paper”. Mungkin ini tips dari gue berdasarkan pengalaman gue doang ya.

1.      Hal yang pertama harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu mau bikin paper sendiri atau dalam bentuk tim. Gue saranin sih dalam bentuk tim. Karena yang namanya penelitian lebih mudah jika dilakukan bersama-sama agar bisa saling bertukar pendapat satu sama lain. Namun, jangan asal pilih tim. Pilihlah tim yang benar-benar serius mau bekerja sama.

2.      Kedua, setelah terbentuk tim, cobalah mencari inspirasi masing-masing mengenai topic apa yang akan dibuat paper. Setelah itu, sharing satu sama lain mengenai ide masing-masing dan tentukan ide yang terbaik menurut tim. Tentunya ide tersebut harus mempunyai latar belakang masalah yang mendukung penelitian tersebut.

3.      Kemudian, tentukan tempat dan responden yang akan diteliti atau bersedia membantu penelitian sesuai dengan kriteria penelitian yang akan dibuat.

4.      Setelah penelitian selesai (baik mengambil data, eksperimen, dan lain-lain), hal paling penting adalah mengolah data. Olahlah data (hasil penelitian/eksperimen) dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada kesalahan dalam pengolahan data.

5.      Setelah hal-hal tersebut diatas sudah dilakukan semuanya, barulah mulai menulis paper secara berurutan mulai dari pendahuluan, latar belakang masalah, metode, hasil, dan kesimpulan. Jika ingin submit paper dalam perlombaan, jangan lupa lihat terlebih dahulu format paper yang diinginkan penyelenggara. Setiap penyelenggara biasanya memiliki format yang berbeda namun, pada hakikatnya sama. Hanya kalimat-kalimatnya saja yang diganti.

6.      Setelah semua selesai, jangan lupa membuat abstraknya.

7.      Dan tahap terakhir yang paling penting dari semuanya adalah skrinning. Cek kembali seluruh penulisan paper. Jika paper Bahasa Indonesia, pastikan penulisan sudah sesuai dengan EYD. Jika paper dalam bentuk Bahasa Inggris, pstikan tidak ada kesalahan dalam tenses. Lakukan skrinning minimal 3 kali. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Itulah beberapa tips dari gue mengenai “How to Make Good Paper”. Semoga bermanfaat dan teruslah berkarya tidak hanya dalam akademik, tapi juga non akademik.

Qonitah Azzahra

Young on Top Campus Ambassador

Gizi-Universitas Indonesia

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on January 24, 2016 read:131

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter