Infused Water

Infused Water

            Pernah lihat orang membawa air minum yang berisi beberapa potongan buah-buahan? Mungkin fenomena ini agak aneh dilihat. Minuman ini disebut Infused Water. Seorang pria membutuhkan kurang lebih 3 liter air (13 gelas) per hari dan seorang wanita membutuhkan kurang lebih 2,2 liter air (9 gelas) per hari. Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan air harian manusia adalah latihan fisik, kondisi lingkungan, kehamilan dan menyusui. Air putih terdiri dari “Hidrogen” yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan “Oksigen” yang merupakan sebagai kebutuhan makhluk hidup. Air putih berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, sebagai detoksifikasi dan berfungsi menjaga sistem pencernaan.

            Bagi orang yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman beraroma akan mengalami kesulitan konsumsi air putih. Dan salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan air putih bagi orang tersebut adalah dengan infused water. Infused water adalah minuman yang terdiri dari air putih yang ditambahkan potongan buah-buahan segar dan herba, kemudian direndam selama beberapa waktu sehingga sari buah dan herba tadi bercampur dengan air dan siap dinikmati.

            Untuk membuat infused water, pilihlah buah yang berdaging keras seperti strawberry, lemon, jeruk, mentimun, anggur, belimbing. Gunakanlah buah yang beragam dalam satu saji infused water. Pilihlah juga buah yang bersifat organik. Hindari buah yang berdaging lunak seperti papaya, pisang, semangka (mudah hancur). Hindari juga buah yang cepat teroksidasi seperti apel. Dan yang terakhir jangan direndam terlalu lama. Air yang digunakan untuk membuat infused water pun adalah air mineral yang telah direbus (air minum) dan bersuhu ruang. Tidak disarankan menggunakan air panas.

            Cara membuat infused water adalah sebagai berikut :

1.      Cuci bersih bahan dengan air mengalir. Khusus untuk jeruk nipis, gosok seluruh permukaan kulitnya dengan garam untuk menghilangkan rasa  pahit. Kemudian keringkan.

2.      Potong-potong bahan. Masukkan potongan bahan tadi ke dalam wadah bersih tertutup.

3.      Tuangkan air putih/air minum dengan perbandingan 100 ml untuk lima hingga sepuluh potong buah-buahan. Tutup rapat.

4.      Masukkan ke dalam lemari es, diamkan 4-12 jam. Setelah itu keluarkan dari lemari es.

5.      Siapkan gelas dengan saringan, tuangkan infused water. Atau bisa juga langsung dibawa. Buah disarankan juga dimakan.

Adapun manfaat umum infused water adalah mengandung zat gizi (vitamin dan mineral) dari buah dan herbal, membantu meningkatkan konsumsi air putih, menstimulasi orang untuk menyukai buah, menghilangkan kembung di perut, membantu memenuhi kecukupan vitamin  (bergantung dari pengguanaan bahan), dan membantu proses detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses menghilangkan substansi racun dengan mengubah zat berbahaya menjadi kurang berbahaya. Detoksifikasi dilakukan oleh hati, ginjal, kolon, paru-paru, sistem limfatik, dan kulit.

            Mengonsumsi air putih/air mineral sangat penting bagi manusia. Air putih juga mudah diserap dan dapat bergerak cepat ke semua bagian tubuh. Namun, konsumsi air putih secara berkebihan juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan volume darah bertambah. Tingginya volume darah akan membuat jantung memompa darah lebih cepat dan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air. Dan sebagai kesimpulannya, bagi orang yang susah mengonsumsi air putih atau sudah terbiasa mengonsumsi air beraroma, konsumsi infused water merupakan alternatif pemenuhan kebutuhan cairan tubuh bagi mereka.

 

Qonitah Azzahra

Gizi – Universitas Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  




By : Qonitah Azzahra

Posted on August 21, 2015 read:83

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter