Inspiration from Steve Kosasih

Halo, YOTers.
Di awal bulan Maret ini saya akan share beberapa hal yang saya dapatkan dari YOTMM bulan Februari, Sabtu (28/02) kemarin. Kali ini inspirasi saya dapat dari Steve Kosasih (@iKosasih), CEO PT Transjakarta, yang hadir sebagai mystery guest.

First Impression

Bagi saya, yang sebelumnya mengetahui Pak Steve hanya dari Twitter, kesan pertama yang diberikannya saat masuk ruangan MM di kantor IBM kemarin : Awesome. Iringan standing applause yang mengiringinya saat masuk disambut dengan anggukan kecil dan senyum humble nan percaya diri. Kalimat-kalimat pertamanya pun menimbulkan kesan asik, yang bikin penasaran.

He’s a cool guy.

Reduce Your Errors

Pak Steve membuka sharing-nya dengan mantap. Beliau langsung mengingatkan kami bahwa betapa beruntungnya kami ada dalam mentorship program YOTCA, bahwa kami harus memanfaatkan kesempatan ini -juga berbagai kesempatan yang ada di luar- sebesar-besarnya untuk REDUCE THE ERRORS : mengurangi kemungkinan kesalahan-kesalahan yang akan dilakukan saat menghadapi dunia pasca kampus, dengan pelajaran yang didapat dalam berbagai kesempatan, juga dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat.

Your Dream is NOT FOR SALE

Di awal karirnya, Pak Steve mendapatkan beberapa kesempatan yang menghadapkannya pada pilihan berat, seperti yang banyak dialami anak muda lainnya : mendapatkan gaji yang jumlahnya sangat besar, atau mengejar mimpi namun dengan kondiri finansial yang pas-pasan. Kondisi itu sempat membuatnya bingung, namun setelah berdiskusi dengan ibunya, beliau mendapat pencerahan dari satu kalimat terakhir yang dilontarkan ibunya :

“Your dream is not for sale, son”

Jleb, jleb, jleb! Beliau pun memutuskan untuk mengejar mimpinya dan berbuat yang terbaik dalam hal itu, hingga akhirnya justru mendapatkan pula hal lain, yaitu kebahagiaan finansial. Semua itu didapat dengan mencintai hal yang dikerjakan, dan selalu memberikan yang terbaik.

Take Some Action

Ini cerita menarik, tentang bagaimana Pak Steve mengambil inisiatif sendiri untuk menunjukkan kemampuannya dalam public speaking, ketika beliau tidak mendapat banyak kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya tersebut di tempat kerjanya.

Pak Steve yang ternyata seorang anggota dari Toastmaster yang telah mendapatkan sertifikasi, menggunakan haknya untuk meminta orang tertinggi dari Toasmaster International mengirimkan semacam surat pemberitahuan tentang sertifikasinya kepada seseorang yang dipilih, dalam hal ini Pak Steve memilih bosnya untuk dikirimkan. Setelah itu, kesempatan untuk Pak Steve pun terbuka, dan beliau melakukan yang terbaik, sampai semua orang menyukai cara presentasinya. Kesempatan-kesempatan lain pun terus datang dan membuka jalan baru baginya.

Contribution to the Nation

Di usia emas dalam karirnya, Pak Steve sudah berulang kali mencetak prestasi di perusahaan yang ditempatinya. Kenaikan profit, perbaikan manajeman, dan berbagai hal lain dilakukannya untuk memajukan perusahaan-perusahaan itu, dengan komitmennya untuk selalu melakukan yang terbaik, selalu belajar, dan mencari kesempatan untuk berkembang. Semua itu dijalaninya dengan melewati berbagai tantangan yang menghalangi.

Sampailah saatnya beliau diminta untuk bekerja untuk negara, dengan diajak Ignasius Jonan untuk bekerja di Perum Perhutani. Beliau menerima pekerjaan itu dengan gaji yang lebih kecil, dan butuh usaha lagi untuk menaikkan kesejahteraannya, hingga diajak kembali oleh Sofyan Djalil (menteri BUMN saat itu), untuk menjadi CFO dari Bahana, dengan gaji yang jauh lebih kecil juga, untuk juga pada akhirnya berhasil mencetak prestasi sebagai Top 5 CFO pada 2010, 2011, dan 2012.

Sekarang, Pak Steve masih berusaha untuk memberi kontribusi kepada Indonesia, dengan menerima ajakan Pak Jokowi, yang saat itu masih merupakan Gubernur DKI Jakarta, untuk memimpin PT Transjakarta.

Kata-kata ini sungguh sangat berkesan untuk saya :
“The more you give a contribution, the more world will give you a favor”

YOTers, kita doakan ya semoga Pak Steve terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia :)

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

 

My other #TOPNotes
Before : Show Your Love, with Positive Changes 
After : Nostalgia

  




By : Yuza Mulia

Posted on March 03, 2015 read:216

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter