Jadi Produktif, Bukan Aktif

Banyak kesempatan untuk kita mengembangkan diri kita. Seperti mengikuti organisasi, berpartisipasi menjadi panitia di suatu acara, volunteer, pertukaran pelajar, magang, dsb. Kesempatan tersebut amat banyak dan beragam. Tak sedikit juga pemuda yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan seperti yang sudah disebutkan tadi. menambah pengalaman dan mengembangkan diri itu memang perlu. Itu akan sangat membantu di dunia kerja. Tapi, banyak juga dari kita yang asal memilih kegiatan tanpa mempertimbangkan hal lainnya sehingga aktivitasmu jadi berantakan atau bahkan menyesal di kemudian hari. Supaya kamu ga keteteran atas segala aktivitasmu YOTers, ada tips-tipsnya nih..

1. Choose the one you love, ini dia yang paling utama dari segala hal yang perlu dipertimbangkan. Pilihlah kegiatan yang kamu sukai. Jangan mentang-mentang kegiatan tersebut sedang 'ngetren' lalu kamu ikut-ikutan. Atau juga kamu ingin memiliki banyak pengalaman tapi itu bukanlah hal yang kamu sukai. Dampaknya adalah kamu tidak akan enjoy! Kamu tidak memiliki komitmen untuk menjalani dan menyelesaikannya. Alhasil, kamu akan setengah hati menjalaninya dan kamu merasa terbebani.

2. Browsing. Jaman udah canggih loh ya! Kita tinggal browsing internet dan mencari info tentang kegiatan yang mau kita ikuti. Banyak juga loh akun di jejaring sosial seperti facebook, twitter yang memberikan info-info tentang magang, part time, organisasi, dll.

3. Kepoin. Jika kita sudah menemukan kegiatan yang kita inginkan, misal: menjadi volunteer di suatu acara tahunan. Kepoin dan cari tahu info tentang acara tersebut! Acara itu apa sih? kapan diselenggarakan? posisi yang dibutuhkan apa? jobdesc-nya apa saja? syaratnya apa? deadline pendaftarannya kapan? Pokoknya cari tahu dulu dengan jelas sehingga kita tidak salah.

4. Kuliah. Pastikan kamu dapat membagi waktu untuk hal non akademik dan akademik. Ingat, sebagai pelajar tugas utama kita adalah belajar. Jadi tetap prioritaskan sekolahmu dibanding yang lain. Mengikuti berbagai kegiatan sama saja melatih bagaimana kamu bisa me manage waktu dengan baik. Jadi bukan alasan nilai kamu jadi menurun karena kamu berorganisasi dan semacamnya. Tapi kamu sendirilah yang membuat hal itu terjadi, kenapa? Ya balik lagi ke manajemen waktu. Kamu tidak bisa membagi waktu dengan baik.

5. You have your own limit. Jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan. Ingat, tubuh kita bukan robot dan sangat butuh istirahat setelah seharian beraktifitas. Kosongkanlah misal di hari sabtu & minggu waktunya untuk beristirahat, olahraga, bersosialisasi dengan keluarga dan sahabat. Tentunya aktivitas yang berlebihan akan membebanimu tiap hari dan tiap saat. Walaupun banyak kegiatan yang ingin sekali kamu ikuti, kamu juga harus memikirkan kesehatanmu ya. Jika kamu sakit, tentunya kegiatan yang kamu jalani juga akan terhambat.

Mungkin itu saja yang perlu menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih kegiatan versi Eriska Nugrahani ya:) Oiya, dan tambahan terakhir adalah komitmen. Kata mas Billy Boen, Commitment is like finish what you started. Kamu yang memilih, kamu yang memutuskan untuk melakukan hal tersebut, jadi otomatis kamu juga harus berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang kamu mulai. Semoga bisa bermanfaat untuk YOTers semua...

"With every experience, you alone are painting your own canvas, though by though, choice by choice."-Oprah Winfrey

See U on TOP!

 

Eriska Nugrahani | @eriskong

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassador batch 5

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on September 19, 2014 read:129

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter