Jalan Memutar

“Banyak jalan menuju Roma”

Bulan lalu, saya mengikuti acara Akademi Berbagi Jakarta yang bekerja sama dengan General Electric, yaitu Up Close & Personal dengan pembicara CEO GE, Handry Satriago. Menarik, karena pembicaraan dalam acara ini lebih banyak mengulik sisi personal dari Pak Handry, berbeda dengan di acara lainnya yang pernah saya ikuti, dimana Pak Handry selalu dengan intens berbicara tentang kepemimpinan dan anak muda.

Satu hal yang paling berkesan bagi saya adalah bagaimana Pak Handry bercerita bahwa sebenarnya beliau bercita-cita menjadi pengajar, menjadi dosen. Namun karena satu dan lain hal, ia pun memutuskan untuk bekerja, dan terus menapaki jenjang karir hingga sekarang menjadi CEO GE Indonesia.

“Setiap orang punya mimpi. Namun ketika menemukan hambatan besar dalam perjalanan mencapai mimpi, yang mengharuskan kita berbelok, bukan berarti kita juga harus mengubah tujuan kita. Mungkin Tuhan sedang menunjukkan jalan lain untuk mencapai mimpi kita, yang jelas akan jauh lebih baik daripada rencana yang kita buat sendiri. Suatu saat, saya akan menjadi pengajar, dosen. Karena itu mimpi saya, dan itu yang saya senangi. Tapi sekarang saya sedang berada di jalan yang memutar untuk mencapai mimpi saya.”

Cerita dari Pak Handry sungguh menohok saya. Saya yang tadinya berniat ingin bertanya tentang kondisi saya yang sedang berada dalam middle life crisis, fase yang membingungkan dalam menentukan tujuan hidup. Saya punya mimpi yang kelihatannya tidak bisa saya capai karena suatu hal yang sangat memberatkan, dan saya sempat memutuskan untuk berubah haluan. Saya merasa tidak mungkin bagi saya mencapai mimpi itu bukan karena saya tidak mampu, namun karena saya merasa jalannya tertutup. Saya tersadar bahwa mungkin Tuhan memang sedang memberikan saya arah lain yang lebih baik untuk mencapai mimpi saya, dan saya pun kembali bersemangat dan tidak menyerah begitu saja.

YOTers, adakah hambatan yang kalian hadapi dalam perjalanan mencapai mimpi? Yuk coba lihat, kita bisa cari jalan memutar tidak? ;)

Semoga bermanfaat,
See you on TOP!

Teuku Yuza Mulia
Young On Top Campus Ambassador
Universitas Indonesia

yuzamulia.wordpress.com | @yuzamulia

  




By : Yuza Mulia

Posted on September 19, 2015 read:106

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter