Jangan biarin bumi kaya Wall-E!

YOTers pernah ga nonton film Wall-E? Ituloh cerita tentang robot yang menyelamatkan manusia. Jadi, ceritanya itu ada robot bernama Wall-E. Ia tinggal di bumi dimana bumi sudah tidak layak lagi untuk dijadikan tempat hidup. Kenapa? Karena bergunung-gunung sampah yang membuat lingkungan di bumi sudah tercemar. Tidak ada tanaman yang tumbuh karena tanah di bumi sudah tidak subur lagi. Wall-E satu-satunya penghuni yang ada di bumi, bersama kecoa yang menemaninya. Wall-E sendiri adalah robot buatan manusia yang tugasnya untuk merapikan sampah-sampah yang ada di bumi. Sedangkan manusia mengungsi di luar galaxy dengan pesawat luar angkasa. Sebenarnya robot Wall-E sendiri diciptakan manusia dengan jumlah yang banyak. Tapi hanya satu robot yang tersisa, lainnya rusak. Pada suatu ketika, munculah pesawat luar angkasa yang mendarat di bumi lalu meninggalkam satu robot di bumi. Wall-E yang ketika itu melihat langsung ada robot baru, seketika mendekatinya dan berkenalan. Lantas ia jatuh hati pada robot tersebut. Namanya Eva, dia adalah robot yang dikirim dari pesawal luar angkasa manusia untuk ditugaskan mencari tanda-tanda kehidupan. Yaitu menemukan tanaman yang tumbuh di bumi. Wall-E mengajak Eva kerumahnya dan memperlihatkan semua benda yang ia kumpulkan selama ini dari rongsokan. Namun, ketika Wall-E memperlihatkan sebuah tanaman yang tumbuh didalam sepatu boot, Eva otomatis menyimpan tanaman tersebut dan seketika robot Eva mati. Jika dianalogikan sebagai sebuah komputer, Eva seperti komputer yang 'sleep' bukan 'shut down'.

Tak lama setelah Eva berubah seperti yang dijelaskan tadi, muncul kembali sebuah pesawat luar angkasa yang beberapa waktu lalu menaruh Eva di bumi. Dan kali ini Eva dibawa kembali tapi Wall-E ternyata mengikuti Eva dengan bergelantung disalah satu badan pesawat. Sesampainya di pangkalan pesawat luar angkasa, Eva yang memiliki tanaman hidup dibawa ke ruangan kapten. Wall-E pun mengikuti kemana Eva dibawa. Ketika di ruang kapten, tanaman yang dibawa Eva ternyata hilang. Sementara sang kapten penasaran tentang bumi dan mencari info tentang bumi. Singkat cerita, Eva bertemu dengan Wall-E. Ternyata yang mengambil tanaman itu adalah Wall-E. Kemudian Wall-E memberikan kembali tanaman yang tumbuh itu dan mereka berdua langsung menuju Kapten. Namun banyak rintangan dan halangan untuk menuju ke ruangan kapten. Setelah akhirnya Wall-E dan Eva berhasil memberitahukan kapten, kapten mengarahkan bahwa tanaman itu harus ditaruh ditempat yang sudah disediakan. Namun, ketika Wall-E dan Eva ingin menaruh tanaman tersebut, ada robot yang ingin menggagalkan rencananya. Kapten dan robot itu berkelahi di ruangan kapten dan akhirnya kapten berhasil mematikan robot tersebut. Ketika tanaman tersebut berhasil ditaruh, seketika pesawat langsung meluncur ke bumi dan manusia memulai kehidupan barunya di bumi lagi.

Dari film tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa kita harus menjaga lingkungan kita sebaik mungkin. Bisa jadi film Wall-E menggambarkan keadaan bumi dimasa mendatang. Karena manusia sudah tidak peduli lagi dengan lingkungan. Manusia hanya memikirkan keberlangsungan hidup spesiesnya, tidak memikirkan sama sekali bahwa ada jutaan spesies lain yang manusia rusak demi kelangsungan hidup manusia. Tidak adanya kesadaran untuk mengelola sumber daya secara optimal yang hasilnya bisa dilihat seperti film Wall-E. Tidak mau kan bumi tempat tinggal kita ini menjadi seperti film Wall-E? Maka dari itu mulai sekarang sadarlah akan pentingnya menjaga linkungan. Lingkungan bukan untuk kepentingan segelintir orang yang mau merauk keuntungan sebanyak-banyaknya. Tapi lingkungan itu milik kita bersama dan tiap individu dari kita punya tanggung jawab menjaganya untuk kelangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

"We won't have a society if we destroy the environment"-Margaret Mead

See U on TOP!

Eriska Nugrahani | @eriskong

Universitas Al Azhar Indonesia

Young On Top Campus Ambassador

  




By : Eriska Nugrahani

Posted on October 11, 2014 read:124

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter