Jangan Tiru Leeds United!

Halo sobat YOTers! Kali ini kembali saya menuliskan artikel yang bertemakan sepakbola. Tentunya, yang dapat dikaitkan dengan kehidupan kita sehari-hari dan menjadi pelajaran untuk kita kedepannya. YOTers tau klub sepakbola Leeds United? Itu loh, yang dulu sempat menjadi tim papan atas di Liga Inggris era 2000-an awal. Para pemain bintang seperti Harry Kewell, Mark Viduka, dan Rio Ferdinand pernah menjadi punggawa klub yang bermarkas di Elland Road tersebut. Tapi YOTers, kini Leeds United hanya bermain di kasta kedua Inggris. Hutang serta  suksesi kepemilikan menjadi beberapa dari banyak sebab jatuhnya klub tersebut dari kesuksesan yang telah diraih.

Bayangkan YOTers, dalam waktu 2 tahun terakhir, Leeds United telah berganti manajer sebanyak 6 kali. Yap, 6 kali! Sehingga, rata-rata manajer hanya bertahan bulanan saja. Taukah YOTers apa sebabnya? Sebabnya adalah sang pemilik klub, Massimo Cellino asal Italia terlibat kasus penggelapan pajak. Hal tersebut membuatnya di-banned  dari segala aktivitas terkait persepakbolaan. Termasuk di antaranya untuk bertindak sebagai pemilik klub sekaligus presiden.  Sanksi yang dikenakan oleh FA tersebut berimbas kepada klub yang situasinya tidak stabil hingga harus beberapa kali berganti manajer.

Apa yang bisa kita ambil dari kejadian di Leeds United tersebut? Well, tentu saja adalah bagaimana masalah yang menimpa elit/pemimpin satu organisasi dapat berimbas kepada para subordinatnya, termasuk klub itu sendiri dalam contoh Leeds United. Hal tersebut tentunya (apabila kita kaitkan dengan konteks dunia kerja) dapat mengacaukan suatu perusahaan, permasalahan yang ada di tataran atas atau leader dapat berpengaruh terhadap kinerja suatu perusahaan. Adapun untuk konteks mahasiswa kita dapat melihat bagaimana pentingnya peran seorang Project Officer di dalam suatu kepanitiaan, di mana sebagai pemimpin suatu kepanitiaan haruslah dapat menjadi contoh dan tidak tertimpa masalah yang dapat membebani para subordinatnya.

Semoga saja kita dapat mengambil pelajaran dari hal ini, sehingga apabila kita diamanahkan menjadi pemimpin dalam suatu project atau organisasi, kita harus dapat menjaga agar diri kita tidak tertimpa masalah yang dapat berimbas kepada kinerja tim dan orang-orang yang kita pimpin. Sehingga, pada akhirnya apa yang kita dan tim ingin capai dapat direalisasikan dengan maksimal.

See You On Top!

Agung Tyanto

YOT Campus Ambassador Batch 6

Universitas Indonesia

@aryhr

  




By : Ibnu Putrama Agung Tyanto

Posted on October 24, 2015 read:115

  • YOT New Edition + T-Shirt

    IDR 149,500




  • rss 
  • youtube 
  • instagram 
  • facebook 
  • twitter